Dana Parpol Rp 249 Juta Belum Cair

SERANG, (KB).- Dana tambahan untuk bantuan partai politik (parpol) senilai Rp 249 juta yang berada di Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Serang belum cair. Padahal, parpol tersebut telah dimintai persyaratan untuk pencairannya.

Wakil Ketua DPD Golkar Kabupaten Serang, Sabihis mengatakan, dana tambahan bantuan parpol belum cair. Namun, dia menuturkan, tidak mengetahui kenapa dana tersebut belum cair. “Iya belum cair, enggak tahu alasannya kenapa, yang tahu Kesbangpol,” katanya, Senin (17/12/2018).

Ia mengatakan, minggu lalu pihaknya baru diminta persyaratan seperti nomor rekening. Namun, sampai saat ini masih belum cair. “Tapi, untuk penggunaannya Insya Allah gak terlambat, karena itu kan satu paket dengan tahap pertama,” ujarnya.

Kepala Sub Bagian Politik Dalam Negeri pada Bagian Kesbangpol Kabupaten Serang, Dikdik Abdul Hamid menuturkan, dana bantuan parpol yang belum disalurkan tersebut merupakan dana tambahan tahap pertama yang mengalami kenaikan. Di mana sisa nilai bantuan yang harus disalurkan adalah senilai Rp 341 per suara.

“Totalnya sekitar Rp 249 juta yang disalurkan di anggaran perubahan ini. Jadi, Rp 341 dikali 732.128 suara. Cuma saya konfirmasi ke parpol sampai sekarang belum diterima, padahal sudah sejak Kamis atau Jumat kemarin sudah kami ajukan,” ucapnya.

Disinggung mengenai pengetahuan parpol dalam membuat laporan pertanggungjawaban (LPj) bantuan dana parpol, tutur dia, sejak 2017 pihaknya sudah berturut-turut melakukan bimbingan teknis (bintek) terhadap parpol. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa parpol yang pengurusnya mencalonkan diri, sehingga dikhawatirkan tidak paham dalam menyusun LPj. “Tapi, sejauh ini mereka sudah paham,” katanya.

Untuk penyampaian LPj sendiri, ujar dia, paling lambat harus diserahkan pada Januari ke BPK RI Perwakilan Banten. Kemudian, setelah itu dilakukan pemeriksaan dan pada 1 April baru keluar laporan hasil pemeriksaan (LHP).

“Jadi, kalau ada temuan kami langsung kejar ke partainya, kalau tidak mereka diminta langsung menyiapkan proposal untuk bantuan berikutnya. Tapi , sejauh ini 60 persen untuk politik dan 40 untuk fasilitas kantor sudah tercapai,” ucapnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here