Dana Parpol Cair Bulan Ini

SERANG, (KB).- Sebanyak Rp 743 juta dana bantuan partai politik (parpol) direncanakan cair Juli 2019. Dana yang akan dicairkan oleh Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Serang tersebut, untuk anggaran selama delapan bulan.

Kepala Sub Bagian Politik Dalam Negeri (Poldagri) Bagian Kesbangpol Kabupaten Serang Didik Abdul Hamid mengatakan, dana bantuan bagi parpol periode 2014-2019 tersebut, hanya diberikan selama delapan bulan atau sampai Agustus.

Hal tersebut, dikarenakan September awal merupakan penetapan parpol yang mendapatkan kursi di DPRD periode 2019-2024.

“Pencairannya insya Allah bulan Juli, kami akan dorong dulu ke ibu bupati, kemudian ibu bupati nanti mungkin membuat disposisi, setelah itu langsung kami proses, dan kami serahkan ke BPKAD, jadi BPKAD yang menyalurkan melalui rekening parpol,” katanya, Jumat (19/7/2019).

Untuk totalnya, ujar dia, karena delapan bulan rumusnya, adalah dari pagu atau bantuan per suara sah sebesar Rp 1.500 dibagi 12 dikalikan delapan bulan dikalikan jumlah suara masing-masing parpol, total sekitar Rp 734 juta.

Ia menuturkan, jika melihat dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) total bantuan parpol sebetulnya ada sekitar Rp 1 miliar. Dengan demikian, sisa bantuannya akan diserahkan terhadap parpol periode berikutnya pada anggaran perubahan. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here