Sabtu, 17 November 2018

Dana Jampersal Berkurang, Pemkab Serang Diminta Antisipasi

SERANG, (KB).- Komisi II DPRD Kabupaten Serang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk mengantisipasi kekurangan anggaran program Jaminan Persalinan (Jampersal). Hal tersebut agar tidak berdampak negatif kepada masyarakat dan program penurunan angka kematian ibu dan angka kematian anak (AKI, AKB).

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Heri Azharimenyayangkan dana Jampersal dari pemerintah pusat mengalami penurunan yang cukup drastis yaitu Rp 8,2 miliar, padahal program tersebutpenting untuk menekanAKI AKB di Kabupaten Serang. Oleh karena itu, jika anggaran tersebut sudah tidak bisa diupayakan penambahannya dari pemerintah pusat, maka pemkab harus mengantisipasi kekurangan anggaran tersebut.

“Kami dorong bupati dan dinkes agar mengupayakan ke Kemenkes, mudah-mudahan masih ada peluang ditambah, paling tidak sama seperti tahun lalu. Tapi kalaupun tidak ditambah kita harus mengantisipasi kekurangan anggaran Rp 8,2 miliar, karena kita sedang berupaya menekan AKI AKB, jangan sampai berkurangnya anggaran tersebut, AKI AKB meningkat,” katanya.

Heri mengatakan, harus ada langkah komunikasi yang dilakukan Bupati dan Dinkes ke Pemerintah Pusat. Nanti, jika sudah berupaya tapi tetap tidak ditambah oleh pusat, maka dewan dan pemkabakan bahas bersama untuk mengantisipasi kekurangan anggaran tersebut. “Bisa saja misalnya menambah anggaran di APBD perubahan jika memungkinkan, itu akan kami suport, yang penting jangan sampai ada masalah yang tidak diinginkan,” katanya.(YY)***


Sekilas Info

Pemprov Banten Alokasikan Rp 50 Juta Per Desa

SERANG, (KB).- Pemprov Banten menganggarkan alokasi dana desa (ADD) pada rancangan APBD tahun anggaran 2019. Jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *