Dana Desa untuk Meningkatkan Ekonomi Desa

PROGRAM Dana Desa di Kabupaten Lebak tahun 2019 difokuskan pada peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat pedesaan melalui usaha kecil dan menengah (UKM). Hal itu untuk memutus mata rantai kemiskinan.

“Kita yakin, pemberdayaan ekonomi masyarakat itu dapat memutus mata rantai kemiskinan dan pengangguran,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Lebak, Rusito, Senin (15/7/2019).

Ia mengatakan, pengalokasian Dana Desa tahun 2019 untuk 340 desa tersebar di 28 kecamatan mencapai Rp 400 Miliar. Dari Rp 400 Miliar itu, desa mendapatkan bantuan Dana Desa bervariasi mulai Rp1 Miliar hingga Rp 3 Miliar per desa.

Berdasarkan Permendes Nomor: 16 Tahun 2018 bahwa penggunaan Dana Desa tahun 2019 bergeser dari pembangunan infrastuktur ke peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan.

“Selama ini, infrastuktur pedesaan di Kabupaten Lebak memadai untuk mendukung kelancaran peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Oleh karenannya, kata dia, Permendes Nomor: 16 tahun 2018 harus dilaksanakan tahun 2019 dari infrastruktur ke peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan. Apalagi, Kabupaten Lebak memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan bisa dijadikan bahan baku pengelolaan usaha.

“Potensi SDA itu, diantaranya komoditas pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan dan pariwisata,” ujarnya.

Ia berharap, berharap pelaku UKM berkembang dengan pemberdayaan ekonomi melalui Dana Desa. Saat ini, pelaku UKM yang memproduksi aneka kerajinan makanan, anyaman bambu, anyaman pandan, produksi dompet, tas,sepatu, perabotan rumah tangga hingga usaha jasa dan perdagangan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Bahkan. produksi pelaku UKM Kabupaten Lebak menembus pasar domistik hingga mancanegara,” katanya.

Ia juga mengapresiasi peningkatan ekonomi pedesaan di Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas mengembangkan usaha budidaya ikan lele. Begitu juga usaha destinasi wisata di Gunung Luhur Jaya Kecamatan Cibeber dengan membuka homestay.

Selain itu juga usaha masyarakat di Desa Karya Jaya Kecamatan Cimarga dengan membuka usaha pemancingan ikan. “Semua desa yang mengembangkan ekonomi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (Nana Djumhana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here