Sabtu, 26 Mei 2018

Dana BOS Tahap Dua Segera Cair

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten akan mencairkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan kedua pekan depan setelah dana BOS tersebut masuk ke kas daerah.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, untuk mencegah keterlambatan penyaluran dana BOS, akan melakukan perubahan mekanisme penyaluran dana BOS, yaitu kuasa pengguna anggaran adalah kepala sekolah.

“Sebelumnya kuasa pengguna anggaran di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten sekarang penguasa anggaran itu kepala sekolah, kepala sekolah yang akan mengelola semua kebutuhan sekolah,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (7/5/2018).

Ia meminta kepada kepada pihak sekolah, untuk memanfaatkan dana BOS dan Bosda sebaik dan efisien dan efektif mungkin, juga kepada Disdikbud Banten, untuk teliti dan tidak kembali mengulangi kesalahan nomor rekening. Pekan ini, dana BOS tahap dua sudah cair dan langsung disalurkan ke rekening sekolah.

“Bahkan, saya juga meminta kepada Disdikbud Banten, agar penyaluran dana BOS tidak kembali terlambat, karena dana Bosda salah satu bentuk apresiasi dari Pemprov Banten kepada para guru, agar lebih sejahtera. Dana Bosda ini sangat ditunggu oleh guru, jangan sampai penyalurannya telat, karena persoalan kekeliruan nomor rekening,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Manajemen BOS, Rudi Prihadi menuturkan, proses penyaluran dana BOS dari pusat ke daerah memakan waktu seminggu setelahnya dana BOS tersebut masuk ke kas keuangan daerah dari kas keuangan pemerintah pusat.

“Penyaluran BOS tahap dua lebih mudah, jika dibandingkan BOS tahap satu. Karena, data penerima dana BOS tahap dua sama dengan data penerima dana BOS tahap pertama,” tuturnya. Ia mengatakan, penyaluran dana BOS tahap dua untuk Banten lebih baik jika dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia. “Di provinsi lain bulan ini baru cair BOS tahap pertama, sedangkan untuk Banten sudah cair tahap kedua,” katanya. (DE)*


Sekilas Info

PPDB 2018, Pemkot Serang Tetapkan Sistem Zonasi

SERANG, (KB).- Penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 Kota Serang menggunakan sistem zonasi. Tujuan utama sistem …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *