Senin, 23 Juli 2018

Dana BOS Dipakai Honor Guru

TANGERANG, (KB).- Aparat Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan honor kepada sekitar 8.000 guru honorer SD dan SMP dari dana bantuan operasional sekolah (BOS) sebesar 15 persen. Kepala Bidang Mutasi dan Rotasi Dinas Pendidikan Pemkab Tangerang, Suparta (6/5/2018) mengatakan, pihaknya sudah membuat draf surat tugas bupati.

“Ini bertujuan, agar dana BOS dapat dicairkan, karena surat tugas itu ditandatangani kepala Dinas Pendidikan,” katanya. Ia mengatakan, honor tersebut dari BOS dan sekitar 80 persen guru honorer di Kabupaten Tangerang telah memiliki ijazah strata satu (S-1).

Namun, besaran honor yang diterima guru tersebut bergantung kepada kebijakan oleh kepala sekolah masing-masing. Pihaknya berharap, agar kepala sekolah memberikan prioritas kepada guru yang sudah lama mengabdi, tetapi belum diangkat menjadi aparat sipil negara (ASN).

Sedangkan, pemberian dana BOS tersebut berdasarkan kebijakan masing-masing kepala sekolah dan berharap, agar bertindak secara adil. Hal tersebut, karena selama ini surat keputusan (SK) pengangkatan guru honorer untuk tingkat SD dan SMP oleh kepala sekolah.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemkab Tangerang, Tini Wartini menuturkan, sekitar 8.000 guru honorer SD dan SMP yang tersebar pada 29 kecamatan mendapatkan tunjangan setiap bulan. Tunjangan tersebut diberikan melalui Dinas Pendidikan setempat dengan nominal berbeda untuk SD dan SMP.

Ia menambahkan, untuk guru SD menerima Rp 822.000 dan guru SMP mendapatkan sebesar Rp 824.000 setiap bulan yang berasal dari APBD setempat. Dasar hukum pemberian honor tersebut, adalah Peraturan Bupati (Perbup) yang ditandatangani Ahmed Zaki Iskandar. Padahal, pemberian honor tersebut pada 2017 sebesar Rp 795.000, diberikan kepada sekitar 3.000 guru SD dan SMP.

Sebelumnya, pada 2016 dan 2017 guru hanya menerima honor tidak seluruhnya atau hanya 40 persen, tetapi kali ini dapat diselesaikan. Para guru honorer pernah melakukan protes kepada Pemkab Tangerang dan DPRD setempat, karena mereka tidak mendapatkan honor dan belum juga diangkat menjadi ASN, padahal ada yang mengabdi lebih dari 10 tahun. (DA)*


Sekilas Info

Pemkot Tangerang Gratiskan PBB dan BPHTB Waris

TANGERANG, (KB).- Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kota Tangerang menggelar sosialisasi tentang pajak bumi dan bangunan (PBB) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *