Dana BOS Boleh untuk Beli Pulsa

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang digulirkan pemerintah pusat dapat digunakan untuk membeli pulsa atau kuota internet. Kebijakan itu diambil untuk memperlancar kegiatan belajar dari rumah selama pandemi Covid-19.

Diketahui, dana BOS untuk tingkat SMA tahun 2020 sebesar Rp 1,5 juta per siswa per tahun. Sedangkan SMK sebesar Rp 1,6 juta per siswa per tahun.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten M. Yusuf mengatakan, dana BOS pusat bisa digunakan untuk pembelian pulsa atau kuota internet telah disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Kebijakan itu untuk memperlancar belajar dari rumah saat pandemi Covid-19. Selain untuk kuota, kata dia, dana BOS juga bisa digunakan untuk operasional sekolah berbagai kebutuhan.

“Selain belajar online, bisa juga membayar listrik, serta pemeliharaan sekolah,” katanya, Senin (11/5/2020).

Sementara itu untuk Bantuan operasional sekolah daerah (BOSDa) yang digulirkan Pemprov Banten digunakan untuk honor guru non aparatur sipil negara (ASN).

Terpisah, Kepala Dindikbud Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan, penggunaan dana BOS disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah, salah satunya bisa digunakan untuk membeli pulsa atau kuota internet guna memperlancar kegiatan belajar dari rumah.

“Bisa untuk pembelian kuota pembelajaran,” katanya.

Ia menuturkan, dana BOS juga bisa digunakan untuk penyemprotan di lingkungan sekolah, serta peningkatan honor guru dengan jumlah maksimal 50 persen.

“Dan kegiatan lainnya untuk pemanfaatan di masa Covid-19 ini,” tuturnya. (Sutisna)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here