Rabu, 16 Januari 2019

Dana Bencana Diawasi BPKP Perwakilan Banten

PANDEGLANG, (KB).- Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Banten melakukan pendampingan terhadap Pemkab Pandeglang soal akuntabilitas pengelolaan dana bencana atau keuangan penanggulangan bencana.

Kepala BPKP Perwakilan Banten, Muhammad Masykur mengatakan, pendampingan dilakukan lembaganya sebagai bagian dari upaya pengawasan. Untuk itu, lanjut dia, BPKP akan melakukan pendampingan bidang rekonstruksi dan rehabilitasi terkait penanggulangan bencana, supaya dalam pengelolaan bencana ini tetap akuntabel, efisien dan efektif.

“Pendampingan pengelolaan bencana termasuk bantuan dana dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan unsur masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia. Pendampingan ini sesuai dengan permintaan Pemkab Pandeglang kepada kami untuk melakukan pendampingan dan pengawasan dana penanganan bencana,” kata Kepala BPKP Perwakilan Banten, Muhammad Masykur kepada Kabar Banten saat ditemui di ruang Garuda Pendopo Pandeglang, Rabu (9/1/2019).

Ia mengatakan, pengelolaan keuangan bencana dapat dikelola dengan transparan, akuntabel, agar tidak ada penyelewengan dana kebencanaan. “Oleh karena itu, kami siap menjadi mitra terbaik pemerintah, dan semoga bisa menjadi bagian dalam memberikan solusi terkait pengelolaan keuangan penanggulangan bencana,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita mengatakan, pemerintah daerah saat ini sangat membutuhkan pengawasan dari berbagai pihak. Karenanya, pemerintah menggandeng BPKP melakukan pendampingan terkait pengelolaan penanggulangan bencana. “Oleh karena itu, perlu dibangun sinergitas agar pengelolaan dana bencana berjalan dengan baik, transparan serta tertib administrasi sesuai dengan aturan,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*


Sekilas Info

Toyota Rush Terperosok ke Jurang

PANDEGLANG, (KB).- Sebuah mobil Toyota Rush putih A 1286 KD mengalami kecelakaan tunggal terperosok ke jurang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *