Dampak Covid-19, Pelaksanaan UTBK SBMPTN Ditunda

SERANG, (KB).- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mengumumkan penundaan jadwal Pelaksanaan tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), resmi ditunda.

“Pendaftaran akun LTMPT tahap pertama dilaksanakan mulai 30 Maret hingga 11 April mendatang, kemudian tes UTBK tahap pertama dilaksanakan pada 20-25 April resmi ditunda. Hal itu sesuai dengan surat edaran Tim Pelaksanaan LTMPT Nomor :09 /SE.LTMPT/2020. Pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan diumumkan lebih lanjut,” kata Kepala Subbagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat (Humas) Untirta Veronika Dian Faradisa saat dihubungi Kabar Banten, Senin (23/3/2020).

Ia menjelaskan, penundaan tersebut berkenaan dengan situasi saat ini dengan mewabahnya corona virus disease (Covid-19). Sehingga, pihaknya untuk mengikuti arahan LTMPT pusat, dan tidak boleh melanggar edaran dari pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas kerumunan massa dan sebagainya.

“Kami sudah menyiapkan tempat pelaksanaan tes UTBK SBMPTN di tiga lokasi yakni di Tangerang, Serang dan Cilegon. Kami juga sudah mengecek peralatan, komputer untuk siap dilaksanakan, namun kondisi saat ini tidak bisa untuk digunakan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah menduga akan menuda dalam pelaksanaan tes UTBK, karena melihat kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan. Pihaknya berharap agar kejadian seperti ini dapat segera berlalu, karena dengan penundaan tersebut tentu saja akan mengubah jadwal penerimaan mahasiswa baru dan Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK).

“Kalaupun mundur juga tidak terlalu jauh, karena mengubah jadwal penerimaan mahasiswa baru,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here