Selasa, 21 Agustus 2018
Kepala Kantor Wilayah BI Banten, Rahmat Hernowo saat memberikan sambutan dalam acara sarahsehan TPID.*

Dalam Upaya Tekan Laju Inflasi, Banten Bisa Jadi Daerah Percontohan

SERANG, (KB).- Banten bisa menjadi daerah percontohan dalam upaya menekan laju inflasi, apabila seluruh kepala daerah bisa mengembangkan dan mengenalkan potensi daerahnya melalui sejumlah potensi yang ada.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pemkab Banyuwangi, Heni Sugiharti dalam acara sarasehan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Banten, dalam rangka mendorong perekonomian dan menahan laju inflasi di Banten, di gedung Bank Indonesia (BI) Banten, Rabu (9/5/2018).

Menurutnya, upaya menekan inflasi bisa dilakukan, salah satunya dengan cara mengembangkan dan mengenalkan potensi daerahnya. Sehingga dampaknya bisa memajukan dan meningkatkan perekonomian masyarakatnya. “Jadi kepala daerah harus bisa mengembangkan dan mengenalkan potensi daerahnya,” ujarnya.

Ia mencontohkan, dahulu Banyuwangi bisa dibilang daerah yang hanya ada di peta dan tidak banyak orang yang tahu, bahkan nyaris tak dikenal. Maka, pimpinan daerah setempat mencoba untuk mengenalkan Banyuwangi dengan pertumbuhan ekonominya.

“Alhamdulillah sekarang berhasil. Pemkab Banyuwangi memilih pariwisata dalam pengembangan ekonominya. Karena pariwisata dapat berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut perekonomian,” katanya.

Selain itu, upaya mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga sangat berpengaruh menekan inflasi daerah dan masih banyak hal lainnya yang dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi.

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan BI Banten, Rahmat Hernowo mengatakan, untuk saat ini Tangerang masih menjadi penunjang perekonomian di Banten dalam menekan laju inflasi.

“Banten harus bisa belajar seperti Pemkab Banyuwangi yang kreatif dan inovatif serta melalui kerja sama pengelolaan BUMD/BUMDes pangan antar daerah,” ujarnya.

Kegiatan sarasehan tersebut dalam rangka mendorong perekonomian dan menahan laju inflasi di Banten. Ia berharap Banten bisa menjadi contoh dan mendapatkan juara dalam menekan laju inflasi dengan kemajuan perekonomiannya.

“Banten ini satu-satunya daerah di Jawa yang belum pernah menjadi juara dalam percontohan menekan laju inflasi. Tentunya ini harus menjadi tantangan bagi kita semua, untuk membuktikan jika Banten bisa menjadi juara,” tuturnya. (Rizki Putri/PG)*


Sekilas Info

Koperasi se-Banten Sepakat Bentuk IKABI

SERANG, (KB).- Sejumlah pengurus koperasi tingkat Provinsi Banten sepakat membentuk wadah organisasi Ikatan Koperasi Binaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *