Curug Untuy, Pesona Air Terjun Bertingkat di Desa Warung Banten

Di antara pesona alam Indonesia, air terjun adalah salah satu keindahan alam yang tersebar di setiap sudut wilayah di Indonesia, salah satu di antaranya adalah Curug Untuy di wilayah Kabupaten Lebak.

Sebagai daerah terluas di Provinsi Banten, Kabupaten Lebak dikaruniai belasan atau bahkan mungkin puluhan air terjun yang tersebar merata di hampir seluruh wilayah kecamatan.

Karenanya tidak berlebihan rasanya jika Kabupaten Lebak dianggap sebagainya surganya curug (air terjun), mengingat masih banyaknya curug yang belum terekspose secara luas.

Di antara belasan atau mungkin puluhan curug yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak, salah satu yang sangat menantang untuk dikunjungi adalah sebuah curug yang berada di Desa Warung Banten Kecamatan Cibeber.

Curug Untuy, sebagaimana masyarakat sekitar menamainya adalah air terjun bertingkat yang terletak di Kampung Cikoneng, Desa Warung Banten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

100 meter dari jalan raya Cikotok-Cimaja, di lingkungan Kampung Cikoneng Curug Untuy dapat ditempuh dengan berjalan kaki karena akses menuju lokasi masih berupa jalan tanah dengan pengerasan batu.

”Kita bisa ke lokasi Curug Untuy dengan berjalan kaki sekitar 100 meter dari Kampung Cikoneng, melintasi jalan setapak di antara perkebunan warga. Riak air yang jatuh bersama desiran angin menyejukkan jiwa-jiwa yang rindu untuk sekadar menikmati kedamaian,” kata Dika Setiawan seperti yang ingin diceritakannya untuk pembaca setia Kabar Banten.


dig

Di Curug Untuy terdapat enam air terjun dengan tiga tingkatan berundak dengan ketinggian sekitar lima puluh meter lebih dikelilingi tebing batu alam yang masih sangat perawan. Di bagian paling atas air terjunnya sangat besar, lalu di bagian tengah terpisah oleh tebing batu sampai ke bagian paling bawah.

”Ada enam untuyan di curug ini, airnya sangat deras mengalir. Sampai di bagian bawah terbagi dua air terjunnya yang masing-masing setinggi sepuluh meteran,” tutur Dika.

Menurut keterangan Dika, Curug Untuy belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, namun bagi warga desanya. Curug ini menjadi tempat favorit untuk menikmati keindahan alam yang masih sangat asri. ”Suasana yang tenang, air bening dan udara sejuk di sini, sangat pas buat mencari inspirasi dan merenungi keagungan Sang Ilahi,” tuturnya. (Tono Soemarsono)*

1 KOMENTAR

  1. Semoga ada pengelolaan Yang baik baik dari masyarakat sekitar dan pemerintah daerah, agar curug ini menjadi Salah satu objek wisata alam Yang menarik di kecamatan cibeber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here