Sabtu, 20 Oktober 2018

Curug Janggalong Andalan Wisata Desa Majau Pandeglang

Curug Janggalong, di Desa Majau Kecamatan Saketi layak menjadi wisata andalan di Kabupaten Pandeglang. Selain kaya pemandangan alamnya, Curug tersebut memiliki nilai estetika yang luar biasa, karena menarik wisatawan. Curug tersebut terletak di wilayah perkebunan milik warga dan melewati perkebunan Kelapa Sawit milik PTPN VIII Bodawari. Meski demikian, lokasinya tidak jauh dari permukiman warga sekitar.

Ketua Gerakan Persatuan Pemuda Majau (GPPM) Ende Nandang mengatakan, curug tersebut memiliki nilai keindahan sangat matural dan eksotis di Desa Majau. Namun sayangnya, sudah hampir puluhan tahun potensi tersebut kurang terawat akibat keruhnya air yang disebabkan sampah dan pemandian hewan kerbau. Meski demikian, dia optimistis Curug tersebut layak mennadi destinasi andalan wisata di Pandeglang.

“Kehadiran curug itu sudah puluhan tahun dan sudah ada beberapa orang mencoba mengembangkan curug itu menjadi objek wisata. Namun , sampai sekrang masih banyak sampah mengalir di airnya sehinga kondisi airnya tampak keruh. Padahal curuh itu bisa menjadi ikon Desa Majau,” kata Ketua GPPM, Ende Nandang kepada kepada Kabar Banten , Kamis (4/10/2018).

Sementara itu, Sekdes Majau , Muhamad Nasir mengaku telah menjalin kordinasi dengan para pihak untuk mengembangkan potensi wisata tersebut. Sebab untuk mengambangkan objek wisata harus melibatkan semua pihak baik pemilik perkebunan, pemerintah kecamatan, dan Dinas Pariwisata.

“Kalau dari pemerintah desa memang kita sudah sering meninjau lokasi curug tersebut, tetapi belum berani menindak lanjutinya. Sebab untuk menuju ke lokasi curug melewati perkebunan Sawit milik PTPN. Kami sudah sepakat mengembangkan potensi wisata itu, tinggal menunggu pemilik perkebunan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Saketi Hasan Basri mengatakan, dirinya sudah meninjau lokasi curug dan menjalin nota kesepahaman dengan PTPN VIII. “Berdasarkan hasil survei kedua, kita sudah melakukan pelandaian jalur menuju lokasi curug. Dalam waktu dekat kita akan mengundang ADM PTPN VIII untuk kerjasama pengelolaan objek wisata,” ujarnya. (Ade Taufik)*


Sekilas Info

Menelusuri Situs Wisata Ziarah di Banten

PROVINSI Banten banyak terdapat objek wisata ziarah yang tersebar di empat kota dan kabupaten. Objek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *