Rabu, 26 September 2018

Cuaca Ekstrim Landa Kabupaten Serang

Cuaca Ekstrim kembali melanda sebagian wilayah Kabupaten Serang, tepatnya di Kecamatan Pontang dan Anyar. Walau tidak menimbulkan korban jiwa namun cuaca ekstrim berupa angin kencang dan pergeseran tanah itu sempat membuat panik dan merusak rumah warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana mengatakan cuaca ekstrim berupa pergeseran tanah atau longsor terjadi di Kampung Kadu Dago, RT 03/RW 02, Desa Sindang Karya, Kecamatan Anyer. Longsor tersebut terjadi akibat adnaya cuaca ekstrim dan curah hujan yang lebat di wilayah tersebut. “Curah hujan tinggi disana,” ujarnya, Senin (12/3/2018).

Nana menuturkan, akibat peristiwa itu, satu unit rumah mililk M. Unus mengalami rusak sedang pada bagian tembok dan dinding sebelah kanan karena tertimpa longsor. Mendapatkan informasi tersebut pihaknya langsung menurunkan tim ke lokasi kejadian untuk validasi data. “Sudah dilakukan asessement, di rumah itu ada lima orang yang tinngal. Saat ini korban juga masih tinggal di rumahnya,” katanya.

Angin Kencang

Sementara, warga Ketua RT 02/RW 01, Kampung Cerocoh, Desa Domas, Kecamatan Pontang, Aswani mengatakan, warga sekitar sempat dibuat terkejut dengan adanya cuaca ekstrim berupa angin kencang. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.20. “Lagi di dalam tahu-tahu ada angin kencang, pada teriak tadi. Ada yang adzan juga, saking kencangnya,” ujarnya.

Aswani mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun beberapa bangunan seperti gapura, dan pagar di tempatnya sempat tersapu angin. Selain itu beberapa rumah milik warganya sempat terdampak pada bagian atap dan dindingnya. “Tembok saja sampai masuk ke dalam karena angin, terus genteng pada terbang,” katanya.

Ia menuturkan, angin kencang di daerahnya memang biasa terjadi ketika musim hujan tiba. Oleh karena itu warga kerap was-was saat mendung datang. Sebab selain angin kencang disana biasa terjadi petir yang besar. “Ini angin kencang dan sering terjadi. Puting beliung kalau bahasa kotanya mah,” ucapnya.

Pantauan Kabar Banten, beberapa warga yang rumahnya terdampak tampak sedang sibuk, ada yang memasang genteng dan ada pula yang membenarkan dindingnya yang bergeser. Beberapa warga tampak yang masih belum hilang rasa terkejutnya. (Dindin Hasanudin)***


Sekilas Info

Hari Ini, Pendaftaran CASN Secara Online Dibuka

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memastikan tahap pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) dibuka mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *