Sabtu, 17 November 2018

Ciptakan Pemilu Damai, Polda Banten Sinergikan Tiga Pilar

SERANG, (KB).- Polda Banten menggelar Apel Besar 3 (tiga) pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa) jajaran Polda Banten dalam rangka mensukseskan pengamanan Pemilu 2019 yang damai, aman dan sejuk di wilayah hukum Polda Banten di Alun-alun barat Kota Serang, Selasa (23/10/2018).

Hadir pada kegiatan itu, Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolda Banten Brigjen Pol Teddi Minahasa Putra, Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Czi Budi Hariswanto, serta beberapa kepala daerah tingkat kota/kabupaten se-Provinsi Banten.

Gubernur Banten, Wahidin Halim menyampaikan dalam sambutannya, bahwa tiga pilar itu merupakan garda terdepan dalam mendapatkan informasi dan melakukan pencegahan dini. Sehingga perannya sangat penting dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.

“Yang pertama bahwa saudara adalah garda terdepan dalam rangka pembangunan kesejahteraan, garda terdepan dalam menjaga wilayah teritorial, garda terdepan yang senantiasa mendapatkan informasi dalam pencegahan dini berbagai tantangan yang kita hadapi. Apalagi sekarang menjelang Pilpres dan Pileg,” katanya.

Menurutnya, saat ini atmosfir politik sudah meningkat. Sehingga sebagai garda terdepan, ketiga pilar tersebut harus ekstra mencermati setiap wilayahnya.

“Tentu ini harus kita sikapi, sebagai garda terdepan harus betul-betul memasang kuping dan telinga kita untuk mencermati keadaan yang berkembang di masing-masing desa atau kelurahan, dan tentunya kita bersama Kapolda bersama Danrem semua kekuatan terus membangun komunikasi agar tidak kecolongan,” ucapnya.

Ia menuturkan, saat ini juga ada kelompok yang mencoba merongrong keutuhan NKRI dengan ideologi yang ingin menggantikan pancasila sebagai kesepakatan bersama.

“Oleh karena itu, saya berharap agar saudara semua memiliki jiwa patriotisme untuk menghadang isu- isu ideologi yang akan merongrong pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, ujar Wahidin, bahaya lainnya yang harus dilawan yaitu terorisme dan narkoba. Sebagai orang yang pernah menjabat sebagai kepala desa, lurah dan camat, Wahidin mengaku mengetahui peran berat yang diemban ketiga pilar tersebut. Sehingga ia sangat mengapresiasi dengan kinerja yang membuat Provinsi Banten tetap kondusif.

“Sekarang jadi gubernur, tentunya saya sangat menghormati peran kalian, dan saya berikan penghargaan semoga Allah meridhoi kalian,” ujarnya.

Kapolda Banten, Brigjen Pol Teddi Minahasa mengatakan, ketiga pilar yakni garda terdepan dalam deteksi dini dan pencegahan setiap dinamika di masyarakat, baik politik, ekonomi, sosial, budaya dan keamanan.

“Dalam konteks Pemilu, mereka juga kami kedepankan untuk menjadi organ yang terdepan dalam memetakan atau mapping setiap kerawanan,” katanya.

Provinsi Banten, kata Kapolda, merupakan suatu wilayah yang memiliki kerawanan Pemilu sedang. Sehingga, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk bisa meminimalisir kerawanan tersebut.

“Menurut indeks kerawanan Pemilu yang dicanangkan oleh KPU, wilayah Provinsi Banten memiliki kerawanan sedang,” ucapnya.

Dalam meminimalisir, ujar Kapolda, pihaknya dari kepolisian selalu menggelorakan Pemilu damai dam sejuk. Serta selalu mengajak semua komponen masyarakat untuk menyamakan mindset.

“Yang dilakukan, ya itu tadi kita menggelorakan Pemilu damai, sejuk, kita bersilaturahmi dengan segenap komponen masyarakat, kita selalu menggelar acara bersama untuk menyamakan mindset,” ujarnya. (Masykur)*


Sekilas Info

Jika Tetap di Rp 40 Miliar, Pemkab Serang akan Mengembalikan Bankeu

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang tetap akan mengembalikan bantuan keuangan (Bankeu) dari provinsi jika tetap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *