Cilegon Punya Kampung Merah Putih

SEIRING dengan perkembangan politik, sosial, ekonomi dan budaya yang semakin maju, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mulai menerapkan program Kampung Merah Putih (KMP). Program ini merupakan salah satu proyek perubahan untuk menggerakan masyarakat sekaligus sebagai sarana komunikasi warga.

KMP diresmikan, Kamis (14/12/2017), di KelurahanTegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kamis (14/12/2017). “Melalui program ini warga dididik dan dibekali wawasan kebangsaan yang kuat dan memadai,” kata¬† Staf Ahli Wali Kota Cilegon Bidang Politik Erwin Harahap, di sela-sela peresmian KMP.
Untuk itulah KMP dilaksanakan berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Cilegon Nomor 55/2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Kota Cilegon.

Menurut dia, KMP merupakan salah satu proyek perubahan dimana didalamnya menggerakan masyarakat untuk mengoptimalkan gardu pos ronda sebagai salah satu alat komunikasi juga sebagai salah satu pusat bacaan masyarakat sekitar. Reformasi, tutur dia, sering diartikan sebagai kebebasan yang tidak terkendalikan, demikian juga dalam memahami otonomi daerah yang tidak komprehensif telah menambah jumlah penyebab rentannya situasi dan kondisi di masyarakat.

Melalui program init gardu pos ronda direnovasi sedemikian rupa, juga ada taman bacaan. Selama ini, tutur dia, gardu pos ronda hanya diperuntukkan bagi sarana orang-orang yang jaga dipos ronda,dan itupun dimalam hari. Akan tetapi dengan adanya KMP, maka bertambah fungsinya. Pos ronda bukan saja sebagai pusat keamanan, akan tetapi juga sebagai alat pemersatu warga.

Sementara itu Kabid Kesbangpol Juhdi Sayyidi mengatakan, peningkatan pendidikan wawasan kebangsaan sangat diperlukan sebagai upaya meningkatkan kualitas kebangsaan sehingga bangsa indonesia mampu mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan yang dihadapi. “Melalui peresmian ini kami ingin bersama-sama meningkatkan pendidikan wawasan kebangsaan serta memperkuat semangat bela negara dan memantapkan ideologi bangsa ini kepada semua komponen mayarakat yang ada di kota cilegon,” ucapnya.

Pemkot Cilegon, kata dia, melalui OPD Badan Ksatuan bngsa dan Politik (Kesbangpol) terus mendorong pelaksanaan pembinaan dan pendidikan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela Negara. “Rencana kedepan, bakal ada KMP-KMP diseluruh kecamatan yang nantinya akan turun ditingkat kelurahan. (Himawan Sutanto)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here