Selasa, 21 Agustus 2018
Plt Kabid Pariwisata Kota Cilegon Nelly Evalinda (kiri), Kadisparbud Kota Cilegon Heri Mardiana (tengah), Kadisparbud Banten Eneng Nurcahyati (kanan), saat menggelar konferensi pers mengenai rangkaian kegiatan menyambut HUT Kota Cilegon di antaranya CEC.*

Cilegon Ethnic Carnival Siap Pikat Wisatawan

Bulan April ditetapkan sebagai bulan kunjungan wisata di Kota Cilegon. Ragam hiburan rakyat dan pagelaran acara rangkaian HUT ke-19 Kota Cilegon, disiapkan untuk memikat wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satunya adalah Cilegon Ethnic Carnival (CEC) dengan konsep berbeda yang digelar Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Cilegon.

Dalam konferensi pers, Senin (23/4/2018), Kadisparbud Cilegon, Heri Mardiana mengatakan, CEC tahun ini memiliki konsep yang berbeda dari sebelumnya. Pagelaran Event CEC yang ke-5 ini, berubah dari siang hari menjadi malam hari.
“Event ke-5 CEC ini akan ada sedikit polesan perubahan konsep. Yaitu night carnival. Ini merupakan tantangan bagi tim, agar eventnya lebih besar dari tahun 2017,” kata Heri Mardiana, dalam konferensi pers yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati.

Heri menjelaskan, pada mulanya akan memanfaatkan alun-alun sebagai salah satu konsep spektakuler. Sebab, dari situ akan bermunculan para peserta yang langsung memeragakan busana. “Akan tetapi, setelah kami mempelajari akhirnya batal mempergunakan alun-alun. Kami langsung melaksanakan komunikasi dengan pimpinan, hingga akhirnya tetap di halaman pemkot sesuai dengan sebelumnya. Namun kegiatannya di malam hari,” ujarnya.

Ia berharap, CEC yang terus digelar setiap tahunnya ini juga akan menghidupkan industri-industri kreatif dan meningkatkan hunian hotel di Kota Cilegon. Selama ini, kata dia, peserta yang akan mengikuti CEC sangat banyak. “Minat peserta banyak. Ada dari Bali, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan banyak lainnya.Untuk peserta dari luar, ada seperti Korea,Cina serta Prancis juga ada. Kegiatan CEC ini, saya yakin bisa membawa multiplier effect dari pariwisata, dan bisa dirasakan oleh masyarakat sendiri. Akan ada juga stan-stan yang berbau CEC, dengan menghadirkan miniatur kostum dan pernak-pernik CEC,” tuturnya.

Plt Kabid Pariwisata Nelly Evalinda mengatakan, CEC tahun 2018 akan digelar Sabtu (28/4/2018) mulai pukul 19.30 sampai dengan 23.00. Berbagai persiapan, seperti penerangan cahaya lampu hingga petugas keamanan telah dilakukan untuk menentukan suksesnya jalan acara. “Seperti biasa, kami akan ada pembuatan kostum yang berbeda dari tahun sebelumnya. Lebih berkreasi dan berinovasi lagi. Dengan event ini kita berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Itu target dari kita agar meningkatkan PAD Kota Cilegon,” ucapnya. (Himawan Sutanto)*


Sekilas Info

Situs Patapaan dilirik Jadi Tempat Selfi

Situs Patapaan yang berada di Desa Sukanagara, Kecamatan Kibin mulai banyak di datangi pengunjung. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *