Chandra Asri Siap Bantu Huntara untuk Korban Tsunami Selat Sunda

PANDEGLANG, (KB).- Perwakilan PT Chandra Asri menyatakan kesiapan membantu pembangunan rumah hunian sementara (Huntara) untuk korban tsunami Selat Sunda. Sesuai rencana lokasi huntara tersebut di daerah Cigondang, Kecamatan Labuan.

Hal itu dikatakan Community Relation Senior Officer PT Chandra Asri Petrochemical, Wawan Mulyana saat bertemu dengan Bupati Pandeglang, Hj.Irna Narulita di pendopo, Jumat (18/1/2019).

Ia mengatakan, saat ini memang Chandra Asri memiliki program rekonstruksi bagi para korban bencana tsunami Selat Sunda. Untuk membantu korban bencana di Pandeglang, sudah memiliki lokasi untuk dibangun huntara.

“Kami sudah bekerja sama dengan lembaga Habitat For Humanity, dan menetapkan lokasi Cigondang, namun khawatir itu zona merah. Makanya kita butuh klarifikasi terkait lokasi dan perizinan dari Ibu Bupati, sebelum melakukan pekerjaan,” tuturnya.

Menurut Wawan, apa yang disampaikan Bupati Pandeglang akan menjadi bahan untuk dirapatkan kembali dengan pihak manajemen perusahaan.

“Apa yang disampaikan Ibu tadi akan jadi bahan kami. Jika arahan beliau seperti itu kami akan ikuti, kita akan bahas lagi terkait pengembangan ekonomi. Insya Allah kami akan sampaikan ini dan apa yang menjadi keputusan manajemen akan kita lakukan. Karena huntara udah penuh, jadi kita akan cari peluang lain untuk program yang akan dikerjakan,” tuturnya.

Hal hampir senada dikatakan oleh Eddy Sianipar, Senior Manager for Strategic Projects and Program Supports Habitat for Humanity Indonesia. Ia mengatakan, Habitat for Humanity adalah satu lembaga kemitraan internasional bekerja di 70 negara dari sejak tahun 1997.

“Kita bergerak di bidang perumahan atau bantuan untuk masyarakat miskin. Di Aceh 8.000 hunian tetap. Kami akan ikut arahan Ibu Bupati, program apa yang dapat kami kerjakan di sini. Kira-kira komponen apa yang bisa kami lengkapi, misalkan huntara atau huntap belum ada sanitasinya, kami siap. Kami juga siap untuk menghadirkan narasumber dalam mitigasi bencana,” ujarnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap akan lebih tepat sasaran jika bantuan yang diberikan ke arah pengembangan ekonomi masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih atas tujuan mulia ini. Namun untuk huntara dan huntap saat ini memang sudah dikerjakan oleh pihak BUMN, BNPB dan provinsi. Alangkah baiknya bantuan ini untuk membantu permodalan masyarakat dan nelayan yang perahunya rusak akibat bencana. Tapi nanti kita lihat lagi, apabila sarana penunjang huntara atau huntap ada yang tidak terakomodasi, boleh bantu di situ,” katanya.

Menurut Irna, program yang akan dilakukan pihak perusahaan dapat dialihkan kepada program bedah rumah atau rumah layak huni. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here