Cegah Penyebaran Covid-19, Rutan Serang Sediakan Box Sterilisasi

Pengunjung memasuki bilik sterilisasi sebelum masuk ke Rutan Kelas IIB Serang, Jumat (27/3/2020).*

Dalam upaya mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19 atau virus Corona, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Serang menerapkan beberapa kebijakan baru. Salah satunya penyediaan Box Sterilisasi Covid-19 atau bilik sterilisasi bagi petugas dan tamu yang akan memasuki lingkungan Rutan.

Kepala Rutan Kelas IIB Serang Aliandra Harahap menuturkan, sebelum memasuki pintu utama, seluruh petugas atau pun tamu diwajibkan mencuci tangan pada sarana yang telah disediakan. Selanjutnya memasuki Box Sterilisasi untuk disemprot menggunakan cairan khusus atau disinfektan.

“Tentu kami menaggapi serius pandemi Covid-19 ini. Maka, box sterilisasi ini kami sediakan guna mencegah penyebaran virus di lingkungan Rutan. Mulai dari depan kami menyediakan sabun untuk mencuci tangan, atau hand sanitizer. Selanjutnya siapa pun yang akan masuk harus melewati Box Sterilisasi,” ujarnya, Jumat (27/3/2020).

Namun masih ada beberapa tahapan lagi, seperti pengecekan suhu tubuh oleh petugas yang sudah siap untuk melayani pengecekan. Apabila kondisi masih dalam keadaan normal petugas mau pun tamu akan diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer. Kemudian, tetap harus menjaga jarak atau menerapkan social distancing.

“Seperti yang kita ketahui saat ini, penyebaran virus corona di Indonesia terus meningkat. Oleh karena itu kami berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah penyebaran corona. Terutama di Rutan Kelas IIB Serang, Karena disini kami punya ratusan warga binaan yang harus kami jaga,” tuturnya.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan (Kasubsi Yantah) Tomy Yulianto mengatakan, Box Sterilisasi tersebut mulai dipasang pada Rabu (25/3/2020). Selain itu, dalam rangka penanggulangan dan penularan Covid-19, pihaknya juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area Rutan, seperti kamar warga binaan dan sejumlah blok serta ruang kantor.

“Kemudian, kami juga memberikan vitamin kepada warga binaan dan rutin melakukan pengecekan suhu tubuh. Kami pun menyediakan anti septik dan tempat cuci tangan untuk mereka. Kebersihan dan kesehatan warga binaan juga sudah kami lakukan, bahkan semua kebijakan dari pusat sudah kami terapkan,” ucapnya.

Pemasangan Box Sterilisasi itu juga, ia menjelaskan, merupakan inisiasi Rutan Kelas IIB Serang sebagai salah satu pencegahan atau antisipasi penularan Covid-19.

“Kebetulan itu inisiatif kami, dan mungkin di Rutan lain pun juga sudah mulai menerapkan hal yang serupa. Karena ini salah satu antisipasi penularan virus,” tuturnya. (Rizki Putri/Yandri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here