Cegah Penyebaran Covid-19, Destinasi Wisata di Pandeglang Mulai Ditutup

PANDEGLANG, (KB).- Dalam upaya pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19) atau corona, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pandeglang memberlakukan lockdown atau menutup sementara semua lokasi destinasi wisata. Penutupan tersebut akan diberlakukan selama 2 (dua) pekan, terhitung Jumat (20/3/2020) hingga Jumat (3/4/2020) mendatang.

”Kami beritahukan kepada para pengelola destinasi wisata dan wisatawan terhitung Jumat kemarin telah ditutup,” kata Kepala Dispar Pandeglang Asmani Raneyanti kepada Kabar Banten, Ahad (22/3/2020).

Menurut dia, penutupan tersebut sesuai instruksi Bupati Pandeglang serta imbauan Presiden. Namun demikian, langkah penutupan objek wisata tersebut hanya destinasi wisata yang terdapat keramaian. Sementara untuk hotel tetap diperbolehkan beroperasi.

”Ya, penutupan destinasi wisata itu khusus di sepanjang Pantai Carita untuk wilayah Pandeglang. Tapi kami baru tutup Pantai Karangsari Carita saja, karena milik Pemkab. Untuk lainnya masih menunggu instruksi lebih lanjut,” katanya.

Menurut Asmani, bagi pengelola hotel agar bertanggung jawab untuk melakukan standardisasi pencegahan penyebaran Covid -19 tentang protokol kesehatan dan protokol kepariwisataan.

”Bagi hotel, silakan buka download tentang bagaimana protokol kesehatan dan protokol kepariwisataan Covid-19. Karena wabah pandemi ini risiko yang tidak terencana, jadi tidak ada kompensasi ganti rugi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Pandeglang Agus Khatibul Umam mendukung langkah tersebut. Soalnya, kata dia, dengan adanya penutupan sementara tempat wisata diharapkan bisa memutus rantai penyebaran virus Covid-19 tersebut.

“Ini bagian salah satu ikhtiar pencegahan, karena langkah ini untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 tersebut. Mudah-mudahan kita semua bisa terhindar dari Covid-19 tersebut,” ujarnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here