Cegah Penyebarab Covid-19, Puskesmas Cikedal Mulai Batasi Pelayanan

PANDEGLANG, (KB).- Puskesmas Kecamatan Cikedal mulai menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pembatasan pelayanan kesehatan selama masa darurat Covid-19. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Bahkan, puskesmas tersebut telah membuat imbauan kepada masyarakat untuk sementara tidak datang ke Puskesmas, kecuali sifatnya sangat membutuhkan sekali pelayanan kesehatan.

Kepala Puskesmas Cikedal, Pandeglang, Iwan, telah membuat imbauan tersebut. Hal itu sengaja dibuat sebagai upaya pencegahan penyebaran virus.

“Kami masih terus memberikan pelayanan, tetapi sifatnya yang urgen. Seperti persalinan, kecelakanan. Namun jika warga hanya mengalami flu biasa cukup diobati di rumah saja,” ujar Iwan, Senin (30/3/2020).

Iwan mengatakan, imbauan tersebut dibuat karena khawatir ada warga yang pulang dari kota besar. Sehingga, dari pada terpapar virus corona, lebih berisiko lagi, maka pelayanan di Puskesmas dikurangi.

“Itu mah imbauan saja, kecuali ada pasien yang benar-benar urgen membutuhkan pelayanan baru dilayani,” katanya.

Menurut dia, pemberlakuan pembatasan pelayanan sudah berjalan dua hari lalu. Pelayanan akan kembali dimaksimalkan sampai ada penetapan dari pemerintah bahwa situasi dan kondisi normal lagi.

“Selain meminimalisasi pelayanan, kami menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia mengimbau petugas harus selalu memakai alat pelindung diri (APD). Sebab jika petugas dalam melayani masyarakat tidak menggunakan APD, khawatir akan berisiko terpapar virus tersebut.

“APD di kami cukup minim, karena belum ada bantuan APD dari pemerintah. Kami buat sendiri dengan perlengkapan seadanya,” tuturnya.

Ia menyarankan, jika ada warga Cikedal yang habis bepergian dari kota besar sebaiknya untuk mengisolasi diri. Jangan ke luar dan jangan kemana-mana selama 14 hari.

“Tapi jika ada warga yang mengalami gejala mengarah terpapar virus, akan kami periksa,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here