Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Dinkes Bidik ASN Pemkab Serang

SERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang berencana melaksanakan tes narkoba kepada jajaran aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Tes akan dilakukan tanpa pemberitahuan lebih dulu atau mendadak. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan ASN.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang Sri Nurhayati mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat untuk menyusun jadwal pemeriksaan narkoba di kalangan ASN tersebut. Ia sudah meminta izin kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah untuk melakukan pemeriksaan narkoba tersebut.

“Ini memang kami baru fokus di jajaran kesehatan termasuk puskesmas, walaupun kelompok ini sebetulnya bukan risiko tinggi, tetapi kami gak ingin di internal jajaran kesehatan pun kecolongan, hal ini pun akan kami lakukan ke ASN (Pemkab Serang secara umum),” katanya kepada Kabar Banten, Senin (4/11/2019).

Ia menuturkan, adapun jadwal pelaksanaan pemeriksaan narkoba, tentu dirahasiakan, karena menurut dia, pemeriksaan narkoba tersebut, sifatnya inspeksi mendadak (sidak).

“Mengenai kapan kami rahasiakan, artinya waktunya kami tidak beri tahukan terlebih dahulu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan tersebut, dalam rangka melakukan pencegahan penggunaan narkoba di kalangan ASN. Sebab, bagaimana juga narkoba tersebut sasarannya semua masyarakat, tidak peduli siapa pun itu.

“Walaupun memang ada kelompok-kelompok risiko. Beberapa tahun lalu sudah kami lakukan (pemeriksaan narkoba), biasanya kami kumpulkan setelah apel Senin,” ucapnya.

Disinggung mengenai sanksi bagi ASN yang positif menggunakan narkoba, dia akan menelusuri terlebih dulu. Sebab, meskipun positif, belum tentu orang tersebut, pemakai narkoba. Dalam hal tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Kami telusuri dulu lah, bisa saja dia konsumsi obat itu untuk kesembuhannya. Obat itu salah satu dari nafza atau bagaimana, kami gak bisa langsung men-judge dia,” tuturnya. (H-48)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here