Cegah Covid-19, IKA Untirta Bagikan Hand Sanitizer dan Vitamin

SERANG, (KB).- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) membagikan Hand Sanitizer dan Vitamin di Halaman Masjid Agung At-Tsauroh, Kota Serang, Jumat (3/4/2020). Hal tersebut dilakukan dalam rangka pencegahan Covid-19. Dalam pelaksanaannya IKA Untirta menerapkan menjaga jarak fisik yang aman (physical distancing) pada saat pembagian.

“Kegiatan ini merupakan bentuk peran dan kontribusi positif IKA Untirta terhadap masyarakat secara bersama-sama dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membantu masyarakat menghadapi pandemik Covid-19 agar tidak semakin meluas,” ujar Ketua Umum IKA Untirta, Asep Abdullah Busro.

Ia mengatakan, pihaknya membagikan Hand Saniitizer ukuran 70 ml agar mudah dibawa dalam berbagai aktifitas sebagai upaya preventif penularan covid-19. Sedangkan pemberian Vitamin, kata dia, bertujuan agar masyarakat memiliki daya tahan tubuh (body immunity) yang kuat.

“Dengan asupan vitamin tersebut, tubuh diharapkan tetap sehat dan dapat efektif menangkal covid-19,” ujar Asep.

Asep menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi kinerja Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah bekerja keras dan berupaya maksimal dalam melakukan penanganan wabah Covid-19, termasuk dalam melakukan penganggaran dana dari APBN dan APBD.

“IKA Untirta mengapresiasi kebijakan Pemprov Banten dibawah kepemimpinan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy yang telah mengambil langkah-langkah taktis dan strategis. Termasuk menganggarkan dana sebesar Rp 1,26 Triliun yang dialokasikan untuk program penanganan Covid-19 di Provinsi Banten,” ujarnya.

Asep mengatakan, IKA Untirta sudah melakukan koordinasi dengan Ormas lainnnya seperti Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Banten, BEM Se-Banten dan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi di Banten dan siap mendukung serta mensukseskan pelaksanaan program pencegahan dan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemprov Banten.

Selain itu, kata Asep, pihaknya juga mengapresiasi dan memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para dokter dan medis yang telah berjuang dan mempertaruhkan nyawanya demi mengemban tugas negara dan misi kemanusiaan dalam menyelamatkan masyarakat dari wabah Covid-19.

Pihaknya mengimbau seluruh element masyarakat untuk secara kolektif bersinergi mendukung program pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan wabah Covid-19 dan tidak saling menyudutkan satu sama lain. Dengan kolektifitas dan sinergi dari seluruh stakeholder, pihaknya yakin wabah Covid-19 dapat diatasi bersama dengan baik.

“Kami mengimbau masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat, dengan sering mencuci tangan, memperkuat daya tahan tubuh dengan berolahraga, mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi, serta sedapat mungkin agar tetap berada di rumah. Jika dalam kondisi mendesak terpaksa ke luar rumah maka diharapkan masyarakat dapat menerapkan jaga jarak interaksi (social distancing) minimal 1-2 meter dan menghindari kerumunan massa. Kami mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa berdo’a dan bersikap optimis bahwa wabah pandemik Covid-19 ini akan segera mereda, teratasi dan situasi serta aktifitas dapat kembali pulih normal kembali,” pungkas Asep. (SY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here