Calon Wakil Wali Kota Cilegon, 6 Partai Diklaim Dukung Ratu Ati Marliati

CILEGON, (KB).- DPD Partai Golkar Kota Cilegon mulai gerilya bangun kekuatan untuk memenangkan Ratu Ati Marliati dalam pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon. Partai berlambang beringin tersebut bahkan mengklaim telah mendapat dukungan dari enam partai untuk mengusung Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon tersebut.

Sekretaris DPD Partai Golkar Cilegon Sutisna Abbas mengatakan, pihaknya sedang memperkuat hasil komunikasi antarpartai di tingkat fraksi di lingkungan DPRD Kota Cilegon. Dari 10 anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Cilegon, diinstruksikan untuk segera melakukan komunikasi.

“Sabtu (16/2/2019) kemarin, kami kumpulkan 10 anggota fraksi, kecuali Pak Rois (Roisyudin Sayuri) karena sakit. Kami berikan mereka tugas penting, yakni meneruskan hasil komunikasi tingkat partai kepada para anggota fraksi lain di DPRD Kota Cilegon,” ujar Sutisna saat ditemui di Pemkot Cilegon, Rabu (27/2/2019).

Menurut Sutisna, hasil komuniksi antar partai telah menetapkan kepastian terkait pernyataan sikap dukungan terhadap Ati. Partai-partai yang telah menentukan sikap, yakni PKS, Nasdem, Gerindra, PAN, PKB.

“Perintah partai kepada para anggota Fraksi Golkar, untuk berkomuniksi dengan para anggota fraksi di lima partai itu. Kami sampaikan, jangan sampai ada yang terlewatkan dalam rangka dukungan terhadap Ati,” ujarnya.

Dia mengatakan, DPD Partai Golkar Kota Cilegon ingin hasil komunikasi tingkat partai berlanjut mulus di tingkat fraksi. Sehingga, kekuatan suara untuk dukungan Ati sesuai dengan hasil pembicaraan tingkat partai. “Ini kami maksudkan agar parlemen sempurna mendukung Ati. Karena bagaimana pun mekanismenya ada di parlemen,” tuturnya.

Upaya komunikasi ini, kata Sutisna, diinstruksikan dilakukan diberbagai situasi. Salah satunya, di sela-sela acara kunjungan di Lombok dalam rangka memenuhi undangan Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi).

“Kami sudah komunikasi dengan ketua fraksi (Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Cilegon Endang Effendi) untuk melakukan komunikasi di mana saja. Seperti di sela-sela kunjungan ke Lombok,” ucapnya.

Sementara itu, DPD Partai Golkar Kota Cilegon pun akan mengumpulkan partai-partai yang telah menyatakan sikap, dalam waktu dekat. Katanya, ini dalam rangka memelihara komitmen yang telah disepakati dalam rangka pemenangan Ati pada kancah pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon.

“Paling cepat pekan depan, kami akan berkumpul dengan teman-teman partai lain. Kalau dengan PDIP, PPP, dan Demokrat, secara non formal memang sering berkomunikasi. Tapi berhubung untuk hal ini mereka tidak membuka diri, kami konsen dengan lima partai dulu,” katanya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Cilegon Endang Effendi membenarkan adanya perintah langsung dari DPD Golkar Kota Cilegon. “Kami sudah mendapat perintah untuk melakukan komunikasi dengan fraksi yang sudah ditentukan DPD Golkar. Itu sudah kami laksanakan, sampai sekarang itu masih berlangsung,” tuturnya.

Menutup diri

Terkait hal itu, sejumlah anggota fraksi lain di DPRD Kota Cilegon masih menutup diri terkait konstelasi pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon. Salah satunya dinyatakan Ketua Nasdem Kota Cilegon Erick Rebiin, yang tetap berencana maju sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Cilegon.

“Saya sudah mendapatkan sinyal positif dari DPW Nasdem Banten, untuk maju di pemilihan nanti. Sekarang tinggal komunikasi dengan DPP Nasdem, untuk meminta restu,” tuturnya.

Mengenai pemetaan suara legislatif yang diklaim telah dipegang Partai Golkar, Erick mengaku hal tersebut masih dapat berubah. “Itu semua belum pasti, apa pun masih bisa berubah. Bergantung nanti perkembangannya seperti apa. Terpenting saya akan jalankan dulu dukungan DPW yang sudah diberikan kepada saya,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here