Calon Kepala Sekolah Harus Kuasai Pola Mengajar

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta para calon kepala sekolah (Kepsek) harus mampu menguasai pola mengajar yang berkualitas. Selain itu, mereka harus dapat meningkatkan mutu peserta didik dengan mengubah pola mengajar di sekolah.

“Sekarang zamannya sudah berbeda, para guru tidak lagi mendoktrin atau mendikte. Sekarang harus menggunakan pendekatan untuk memancing bakat peserta didik,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menutup acara pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah in service learning II, di Horisson Altama Pandeglang, Jumat (6/3/2020).

Irna tidak meragukan kemampuan para calon kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pandeglang. Namun demikian, mereka harus dapat menguasai materi yang akan disampaikan kepada peserta didik.

“Guru sekarang harus bisa menjadi teman, sehingga peserta didik merasa merdeka dalam belajar tanpa ada tekanan,” tuturnya.

Menurut dia, para calon kepala sekolah harus memberikan teori dan praktik secara seimbang, sehingga peserta didik bisa mengimplementasikan ilmunya di dunia nyata.

“Paradigma pendidikan saat ini sudah berubah, tidak hanya di dalam kelas dan peserta didik harus mengetahui dunia nyata,” ucapnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan, sebanyak 93 calon kepala sekolah ini sudah menyelesaikan on job learning(OJL) atau praktik lapangan selama dua bulan.

“OJL ini lanjutan dari tahun 2019 yang akan selesai pada Sabtu (7/3/2020). Setelah itu mereka tinggal menunggu pelantikan sebagai kepala sekolah,” katanya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here