Calon Haji Dibekali Istithaah Kesehatan

PANDEGLANG, (KB).- Sejumlah jemaah calon haji (Calhaj) asal Pandeglang yang akan menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekkah tahun 2020 mendapat pembekalan materi soal istithaah kesehatan, di Oproom Setda, Sabtu (29/2/2020).

Kegiatan sosialisasi istithaah tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Pandeglang. Hadir di acara tersebut Bupati Pandeglang Irna Narulita, Perwakilan dari Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji Halimatusadiah, Kepala seksi (Kasi) Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang Wawan Sofwan.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi pihak Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Instansi Lembaga lainnya yang telah bekerja keras mengawal dan menjamin kesehatan para jemaah haji.

“Mulai proses awal pemberangkatan sampai jemaah haji kembali ke tanah air tetap terjaga kesehatannya,” ujar Irna.

Selain itu, kata dia, agar proses ibadah haji berjalan dengan baik ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan. Di antaranya niat harus kuat dan fisik, karena jika niat kuat tetapi tidak disertai dengan fisik yang justru akan mengurangi ibadah jemaah itu sendiri.

”Oleh karena itu, kesehatan adalah faktor utama bagi para jemaah dalam menunjang proses ibadah haji,” tuturnya.

Irna mengatakan, pemerintah daerah akan berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah calon haji dan mendukung suksesnya penyelenggaraan operasional haji di Pandeglang.

Dengan demikian, dapat memberikan manfaat bagi para jemaah calon haji mulai dari pendaftaran, pembinaan sampai pada pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji. Oleh karena itu, Irna selalu mengantarkan dan menjemput para jemaah haji dengan tujuan agar Pandeglang mendapatkan kebarokahan dan dijauhkan dari segala musibah.

“Maka dari itu, jagalah kesehatan sampai waktunya tiba berangkat ke Tanah Suci. Doakan Pandeglang dan semoga jemaah calon haji menjadi duta Pandeglang dalam menyampaikan syiar Islam,” ujarnya.

Perwakilan dari Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI bidang Pembimbingan dan Pengendalian Faktor Risiko Kesehatan Haji Halimatusadiah mengatakan, dalam rangka perlindungan jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan syariat Islam, perlu dilakukan pelayanan kesehatan.

“Sesuai dengan Permenkes nomor 15 tahun 2016, dimana bagi para jemaah haji sebelum berangkat wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan. Di antaranya pemeriksaan kesehatan oleh tim penyelenggara kesehatan haji di masing-masing wilayah,” katanya.

Menurut Sa’diah, istithaah kesehatan bagi jemaah haji bertujuan agar para jemaah dijamin dapat melaksanakan seluruh rangkaian rukun haji dan mengurangi faktor risiko kesehatan mulai dari tanah air hingga para jemaah haji kembali ke tanah air. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here