Calon Anggota Komisi Informasi Banten Belum Uji Kelayakan

SERANG, (KB).- Sebanyak 15 calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten hingga kemarin belum juga menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPRD Banten. Padahal, mereka sudah ditetapkan lulus wawancara oleh tim seleksi (timsel) sejak 30 April 2019.

Diketahui, timsel calon Anggota KI Banten periode 2019-2023 telah menetapkan 15 nama yang lulus tes wawancara. Rinciannya yaitu Abdul Choir, Fathijah Fitriany, Maskur, Achmad Nashrudin, Heri Wahidin, Nana Subana, Apipi, Hilman, Suwardi, Durotul Bahiyah, Imron Khamami, Toni Anwar Mahmud, Erlina Novita, Lutfi dan Zaenal Abidin.

Ketetapan nama-nama yang lolos tes wawancara disampaikan melalui pengumuman kelulusan tes wawancara yang ditandatangani langsung oleh ketua timsel H. Zakaria Safe’i, pada 30 April 2019.

Nama-nama yang lulus tes wawancara tersebut harus mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPRD Banten. Uji kelayakan dan kepatutan untuk menentukan 5 nama yang akan menjabat Anggota KI Banten periode 2019-2023.

Seorang calon Anggota KI yang enggan disebutkan namanya mengaku, tidak mengetahui kapan uji kelayakan dan kepatutan dilaksanakan di Komisi I DPRD Banten. “Sudah dua bulan yah, pengumuman timsel 30 April 2019,” katanya saat dihubungi Kabar Banten, Kamis (18/7/2019).

Ia tidak mengetahui apa penyebab uji kelayakan dan kepatutan calon Anggota KI yang lolos wawancara belum dilaksanakan.

Terpisah, Sekretaris DPRD Banten EA Deni Hermawan menuturkan, pihaknya belum bisa menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan calon Anggota KI Banten. Sebab, hingga kemarin belum ada surat dari Gubernur Banten.

“Justru kami menunggu turun dari Pak Gubernur, belum turun. Jadi sebatas belum ada penyampaian dari eksekutif ke DPRD kami belum bisa melakukan penjadwalan,” ujarnya.

Jika sudah ada surat dari Gubernur Banten, pihaknya akan segera menjadwalkan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan. Tahapan tes terakhir bagi calon Anggota KI Banten ini dilaksanakan oleh Komisi I DPRD Banten.

“(Uji kelayakan dan kepatutan) biasanya ada wawancara, ada tertulis juga, penyampaian gagasan visi-misinya seperti apa. Tapi itukan semuanya ditentukan anggota komisi I,” ucapnya.

Menurutnya, hasil uji kelayakan dan kepatutan untuk menentukan lima nama yang akan menjadi Anggota KI Banten periode 2019-2023. “Kalau belum ada ya mungkin Kominfo (DKISP Banten) ada di mana posisinya. Jadi tanya ke Kominfo posisinya ada di mana. Kalau sudah melimpah ke DPRD, DPRD nanti akan segera memproses,” ujarnya.

Sementara itu, wartawan sudah mencoba menghubungi Kabid Aptika pada DKISP Banten Amal Hermawan, untuk mengonfirmasi terkait pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon Anggota KI Banten. Akan tetapi yang bersangkutan tidak menjawab telepon dari wartawan. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here