Bupati Tangerang Teken Hibah Komisi Pemilihan Umum

TANGERANG, (KB).- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tangerang baru akan dilangsungkan pada 2018 . Namun demikian, sebagai tahapan persiapan telah dilakukan. Kabarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang telah duduk bersama untuk menandatangani atau meneken naskah perjanjian hibah daerah. Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pelaksanaan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah tersebut dimaksudkan dalam rangka membiayai tahapan penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Tangerang 2018.

Ia menuturkan, sesuai amanah demokrasi dan peraturan yang berlaku, Kabupaten Tangerang dalam beberapa bulan ke depan akan melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Tangerang 2019-2024. “Untuk (pilkada) itu diperlukan persiapan, perencanaan yang sangat matang, sehingga proses tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten Tangerang dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat menghindari sengketa-sengketa yang biasa terjadi dalam pilkada,” katanya, Selasa (20/6/2017).

Menurut dia, untuk melaksanakan pesta demokrasi tersebut, diperlukan persiapan matang mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pascapemilihan. “Harapan kami semua tercipta kondisi aman, demokrasi, dan berkeadilan selama berlangsungnya proses pilkada nanti dapat tercapai,” ujarnya. Penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah tersebut mengacu Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 89/PMK.05/2016 tentang tata cara pengelolaan hibah langsung dalam bentuk uang untuk kegiatan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota dan Keputusan KPU Republik Indonesia Nomor 88/KPTS/KPU/Tahun 2016 tentang pedoman teknis tata cara pengelolaan, penyaluran, dan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana hibah untuk penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota.

“Kami berharap, dana hibah ini dapat digunakan secara efektif dan efisien dalam membiayai penyelenggaraan pemilihan bupati serta wakil bupati sesuai peruntukan, dapat dipertanggungjawabkan serta jangan sampai di kemudian hari berhadapan dengan kasus hukum,” ucapnya. Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan harapan, agar KPU Kabupaten Tangerang segera mungkin mempersiapkan seluruh tahapan persiapan penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Tangerang dengan memberikan pemahaman memadai agar tahapan-tahapan yang akan berlangsung pada pilkada nanti dapat dimengerti masyarakat. Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ahmad Jamaludin mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang yang berupaya keras meningkatkan partisipasi pemilih pada gelaran pilkada Rabu (27/6/2018) mendatang. (H-36)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here