Bupati Serang Salurkan Beasiswa Perguruan Tinggi

SERANG, (KB).- Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyalurkan beasiswa bagi warga kurang mampu yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi (PT). Beasiswa tersebut, diberikan sebagai upaya menekan angka putus sekolah di Kabupaten Serang.

Ia menuturkan, warga Kabupaten Serang yang memiliki kemampuan akademik yang baik, tidak boleh ada yang kesulitan kuliah di perguruan tinggi. Khususnya perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga, pihaknya berupaya, agar mereka dapat melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya dengan mudah.

“Untuk anak Kabupaten Serang yang diterima di perguruan tinggi negeri mana pun, tapi tidak sanggup biayanya atau tidak mampu, silakan datang ke Pemda Kabupaten Serang,” katanya kepada wartawan, Kamis (20/6/2019).

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang juga telah memberikan beasiswa perguruan tinggi yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk calon mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Indonesia (UI), dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Kemudian, saat ini pihaknya kembali memperluas ke semua perguruan tinggi negeri di Indonesia. “Khusus warga Kabupaten Serang dan koordinasi dengan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serang. Pemkab akan membantu,” ucapnya.

Kemitraan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menuturkan, sudah menerima instruksi dari Bupati Serang perihal beasiswa perguruan tinggi.

“Ibu bupati punya niat sangat mulia. Beliau menyampaikan, bahwa tidak boleh ada siswa putus sekolah dan khusus mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, tetapi punya kemampuan akademik yang baik, harus diberikan beasiswa,” tuturnya.

Namun, dia menegaskan, bahwa saat ini Disdikbud hanya bisa memfasilitasi beasiswa bagi warga miskin yang punya kemampuan akademik yang baik di perguruan tinggi negeri. Sebab, selama ini yang memiliki kemitraan dengan pemda memang perguruan tinggi negeri.

Disdikbud Kabupaten Serang juga memfasilitasi beasiswa SD, SMP, dan perguruan tinggi. Untuk beasiswa SMA, Disdikbud bekerja sama dengan Baznas Kabupaten. “Saya punya rencana, setoran zakat, infak, dan sedekah dari Disdikbud, akan kami minta untuk disalurkan bagi program beasiswa,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here