Jumat, 22 Juni 2018

Bupati Serang: Peran Pers Penting dalam Pembangunan

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menilai, peran pers penting dalam menunjang pembangunan di Kabupaten Serang. Hal tersebut, karena pers lah yang paling dekat dengan masyarakat dan mengetahui berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.
Hal tersebut diungkapkan dia dalam acara coffee morning dengan insan pers di Pendopo Kabupaten Serang, Rabu (14/2/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Serang, Muhsinin, Wakil Ketua DPRD, Ida Rosida Lutfi, Forkopimda Kabupaten Serang, Kepala OPD Pemkab Serang, pimpinan sejumlah media masa, dan insan pers. “Saya berpikir, semuanya pembangunan yang dilakukan Pemkab Serang ini sangat membutuhkan untuk dipublikasi, untuk disampaikan kepada masyarakat secara utuh,” katanya dalam acara tersebut.

Menurut dia, elemen yang harus menyampaikan publikasi tersebut, yakni insan pers. Sebab, mereka memiliki posisi yang strategis dan berada paling dekat dengan masyarakat. Oleh karena itu, komunikasi antara pemerintah daerah dan awak media harus dilakukan dengan baik. “Saya secara pribadi satu per satu, Alhamdulillah berkomunikasi bisa berjalan dengan baik. Tapi, ada beberapa hal yang memang perlu didiskusikan terkait dengan persoalan program yang ada di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Dengan duduk bersama antara dia selaku kepala daerah, kepala OPD dan juga jurnalis, maka bisa dilakukan suatu diskusi. Bahkan, pemkab bisa menerima masukan dari awak media. “Karena, kawan-kawan ini yang hari-harinya ada di lapangan dan yang pertama kali mendapatkan keluhan dari masyarakat biasanya kawan-kawan pers di bawah. Ini sangat dibutuhkan Pemkab Serang, siapa tahu permasalahan di bawah ini belum sampai ke kami,” ucapnya.

Oleh sebab itu, tutur dia, awak media yang berada di bawah telah menjadi kepanjangtanganan Pemkab Serang untuk mendapatkan informasi dari bawah. Dengan demikian, bisa diketahui apa yang diinginkan dan menjadi kebutuhan masyarakat selama ini serta sebaliknya melalui media juga bisa disampaikan apa yang saat ini sedang dilakukan Pemkab Serang. “Karena, kami ini kan pelayan masyarakat yang harus melayani. Berarti harus tahu kebutuhan yang dilayaninya apa saja. Jangan sampai program dilakukan pemda tidak sesuai,” tuturnya.

Direktur Harian Umum Kabar Banten, Rachmat Ginanjar hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan, forum tersebut amatlah strategis. Sebab, sebaik apapun yang dilakukan pemerintah jika hubungan dengan pers tidak baik, maka tidak akan dilihat orang. Selama ini, kata dia, sering kali munculnya permasalahan antara pemerintah dan pers dikarenakan masalah komunikasi.

Sehingga, terkadang subjektivitas muncul di mana pemerintah mencurigai media dan sebaliknya. Oleh karena itu, ujar dia, melalui forum tersebut, diharapkan permasalahan yang ada di Kabupaten Serang bisa diinformasikan lebih awal. Sehingga, media bisa tahu lebih awal. Kemudian, permasalahan lainnya terkadang informasi media tidak berimbang.

Hal tersbeut terjadi, karena kurang cukupnya data yang disampaikan pemerintah pada media, sehingga media menyampaikan apa adanya. “Sementara, konfirmasinya tidak cukup, oleh karena itu, tidak aneh kemudian kalau informasi itu pesannya menjadi tidak berimbang. Padahal, mungkin karena kesiapan data dari pihak pemerintah yang tidak cukup,” ucapnya. (Dindin Hasanudin)***


Sekilas Info

Pemudik Asal Banten Kecelakaan di Tol Fungsional Batang-Pemalang, Wakil Kepsek MAN Cikeusal

SERANG, (KB).- Pemudik asal Provinsi Banten yang mengalami kecelakaan di tol fungsional Batang-Pemalang, Jawa Tengah, Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *