Jumat, 22 Februari 2019
Bupati Pandeglang Irna Narulita

Bupati Pandeglang Minta BMKG Segera Pasang Alat Deteksi Tsunami

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk segera memasang early warning sistem (EWS) atau alat deteksi tsunami di beberapa titik pantai wilayah Pandeglang yang rawan bencana.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita menerima bantuan uang tunai untuk korban terdampak bencana tsunami Selat Sunda dari Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) BMKG di Pendopo Pandeglang, Senin (4/2/2019).

Irna meyakini jika sudah terpasang EWS dapat membantu masyarakat mengetahui tanda peringatan saat akan terjadi tanda-tanda bencana tsunami.

“Nanti kita sosialisasikan tandanya seperti apa cara kerja EWS berbunyi. Dengan begitu masyarakat bisa lebih antisipasi dan cepat untuk melakukan evakuasi,” ucap Irna.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Serang Tarjono mengatakan, terkait pemasangan EWS itu merupakan kewenangan BMKG pusat. Sementara, pihaknya hanya bisa menyampaikan beberapa alat yang sudah dipasang oleh BMKG pusat.

“Kalau untuk pemasangan EWS itu kebijakan pusat, tapi yang saat ini sudah terpasang yaitu Water Level yakni di PLTU Labuan, Ujungkulon, Pulau Sebesi, dan Panaitan,” kata Tarjono.

Ia mengatakan, belum lama ini alat magnet bumi milik BMKG Serang sudah dipindahkan ke wilayah Sumur. “Ini untuk mendeteksi tingkat kemagnetan bumi dan membantu juga pendeteksian gempa bumi tektonik,” ujarnya.

Selain itu, alat tersebut juga berfungsi untuk memantau terjadinya gempa di wilayah zona dua Banten, Jawa dan Lampung.

“Sensor gempa itu ada di BMKG Serang, Kota Bumi Lampung Utara, Tanggerang, Bandung dan Balai Besar BMKG Ciputat. Sedangkan yang kami catat itu jika kekuatan gempa di atas 5 skala richter (SR), tapi jika di bawah itu kami rilis apa yang dirasakan masyarakat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Korpri BMKG sendiri menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 39. 100.000. Bantuan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Korpri BMKG pusat Sugianto kepada Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita. (Ade Taufik/EM)*


Sekilas Info

Gelar Aksi, PP Pandeglang Desak Bawaslu Tindak Oknum ASN tak Netral

PANDEGLANG, (KB).- Massa yang tergabung dalam Organisasi Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Pandeglang berunjuk rasa di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *