Bupati Pandeglang, Kapolres Pandeglang dan Abuya Gagas Deklarasi Damai

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita, Kapolres AKBP Ary Satriyan dan Abuya Muhtadi menggagas sikap deklarasi damai untuk menyukseskan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 108 desa, pada 5 November 2017. Deklarasi dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Taufik Hidayat, Heriyanto Selamet dari Kejaksaan Negeri Pandeglang, dan para calon kepala desa yang diselenggarakan di Pendopo, Sabtu (28/10/2017).

Para calon Kades menyambut baik deklarasi damai sebagai ajang menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi desa. ”Saya berterima kasih kepada seluruh calon Kades, aparat keamanan dan instansi terkait atas kerja samanya, sehingga tahapan pelaksanaan Pilkades saat ini dalam kondisi aman dan terkendali,” kata Kapolres Pandeglang, AKBP Ary Satriyan, saat menyampaikan sambutan deklarasi damai para calon kades.

Menurutnya, pelaksanaan Pilkades serentak diharapkan bisa berjalan aman, lancar dan kondusif. Selain itu, deklarasi akan menumbuhkan semangat kebersamaan dan persaudaraan, untuk membangun desa lebih baik sesuai dengan motto Kabupaten Pandeglang. ”Para calon kades harus memiliki sikap kesatria, siap menang dan siap kalah. Mereka yang menang tidak menghina yang kalah, dan yang kalah menerima dengan ikhlas dan tetap menjaga Kamtibmas di desanya masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita menyampaikan pesan, apabila terpilih jadi kepala desa, jangan terlalu euforia, apalagi sampai melupakan janji kerja dalam kampanye. Setelah pelantikan, kepala desa harus sudah menentukan rencana program kerja yang akan direalisasikan di masyarakat. ”Masyarakat saat ini mendambakan pemimpin desa yang amanah, transparansi dan akuntabilitas. Masyarakat juga tidak lagi bisa diiming-imingi dengan sembako maupun uang,” ucapnya.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan naskah deklarasi damai. Dalam naskah tersebut tersurat 5 poin, di antaranya para calon bersedia menjaga kondusivitas sebelum dan pelaksanaan Pilkades, serta tidak melakukan bentuk pelanggaran. Sementara itu, salah seorang calon Kades Montor, Kecamatan Pagelaran, Irsad, siap akan melaksanakan Pilkades dengan baik dan damai. Sehingga, semua tahapan Pilkades sampai selesai bisa berjalan damai, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab. Semua itu demi terselenggaranya Pilkades serentak 2017 secara demokratis bagi masyarakat. (IF)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here