Rabu, 20 Juni 2018

Bupati Pandeglang Janji Tata Situ Cikedal

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita berjanji akan menata Situ Cikedal menjadi destinasi wisata andalan di Pandeglang. Untuk mewujudkan pembangunan tersebut, lanjut Irna, Pemkab akan bekerja sama dengan Pemprov Banten dalam mengembangkan situ menjadi wisata tirta andalan.

“Kita akan percantik situ ini. Tentu dengan usaha menata dan membangun situ tersebut dengan sarana penunjang. Kita akan buat spot-spot seperti tempat selfi, kuliner, jembatan penyeberangan, homestay. Sehingga, wisatawan bisa nyaman dan tidak perlu kemana-mana mencari tempat untuk berakhir pekan di Pandeglang,” kata Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita, Senin (19/2/2018).

Menurut dia, Situ Cikedal merupakan salah satu potensi wisata tirta yang namanya terkenal di Banten dan nasional. Letaknya sangat strategis karena di jalur jalan raya Pandeglang. Lokasi situ tersebut juga tidak jauh dari wisata Pantai Carita. “Jadi kalau nanti sudah selesai dibangun dan dipercantik, situ ini bisa menjadi pilihan awal wisatawan untuk singgah di Pandeglang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pandeglang, Salman Sunardi membenarkan bupati telah merencanakan penataan dan pembangunan Situ Cikedal. Rencana tersebut, lanjut dia, akan segera ditindaklanjuti. Dan Dispar akan menjalin komunikasi dengan Pemprov Banten. Sebab, status lahan tersebut kewenangan Pemprov Banten.

“Kalau kita akan menata dan mempercantik situ harus ada rekomendasi dari Pemprov Banten. Dan kita secepatnya berkoordinasi dengan Pemprov Banten,” ucapnya. Menurut dia, rencana penataan situ tersebut sudah dibuat desainnya. Meski untuk menata situ membutuhkan anggaran besar, namun dia akan meminta bantuan pemerintah pusat.

“Anggarannya diperkirakan sekitar Rp 500 juta. Kita akan usulkan ke pusat dan harapannya tahun ini bisa segera terealisasi,” tuturnya. Ia mengatakan, penataan situ tersebut bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Selain itu, warga sekitar bisa berkarya untuk berjualan di sentra kuliner yang akan dibuat di sekitar situ tersebut,” katanya. (IF)***


Sekilas Info

Turmahdi Wartawan Senior Kabar Banten Tutup Usia

PANDEGLANG, (KB).- Kabar duka dialami Redaksi Kabar Banten. Wartawan Senior sekaligus Kepala Biro Kabar Banten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *