Bupati Pandeglang akan Kembangkan Wisata “Negeri di Atas Kota”

Bupati Pandeglang Irna Narulita tahun ini berencana akan mengembangkan setiap potensi alam yang memiliki magnet keindahan dan pesona yang dapat memikat para wisatawan yang masuk ke Pandeglang. Salah satunya “Negeri di Atas Kota”.

Potensi pariwisata alam ini memang belum lama ditemukan, karena lokasinya berada di badan Gunung Karang Pandeglang, tepatnya di Kampung Curug Buang lereng Gunung Karang, tepatnya Desa Kadu Engang, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang.

Meski baru ditemukan, namun wisata alam yang dikenal dengan sebutan negeri di atas kota ini ‎tampaknya mulai disinggahi wisatawan, terutama para pendaki gunung. Tidak perlu khawatir, karena lokasi itu mudah dikunjungi dengan mengendari sepeda motor maupun mobil.

Disebut negeri di atas kota, karena jika berada di lokasi, pengunjung bisa melihat jelas keindahan kota di Banten, seperti Pandeglang, Serang dan Tangerang.

“Dalam waktu dekat, saya akan meninjau lokasi tersebut. Jika lokasi itu berada di kawasan Perhutani, maka pemerintah daerah akan menjalin kerjasama untuk mengembangkan dan mengelola wisata ini. Apalagi, informasinya lokasi itu cukup luas dan memiliki hamparan indah yang dihiasi pepohonan hijau. Dari atas hamparan itu, kita bisa melihat ‎indahnya kota Pandeglang, Serang dan Tangerang,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita kepada Kabar Banten, Ahad (16/2/2020).

Asisten Perhutani Pandeglang Agus mengatakan, potensi wisata curug buang atau yang sekarang dikebal negeri di atas kota sering dikunjungi wisatawan, terutama para pendaki.

“Di dalam kawasan kita baru bangun anak tangga dari bambu dan kayu. Bangunan itu menjadi wahana bagi pengunjung untuk naik ke tangga dan melihat keindahan kota di Banten,” ujarnya.

Agus mengaku akan mengembangkan lokasi tersebut dengan mencoba menawarkan kepada investor. Tidak menutup kemungkinan Perhutani bisa bekerjasama dengan pemerintah daerrah.

‎Sementara itu, Ketua Komite Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kopling), Indra mengakui keindahan  potensi wisata alam Negeri di Atas Kota. Lokasi tersebut berada Curug Buang lereng Gunung Karang, tepatnya Kampung/Desa Kadu Engang, Kecamatan Cadasari, Pandeglang.

Wisata ini dikenal oleh komunitas Komite Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kopling) ‎seperti negeri di atas kota. Karena dari lokasi itu kita bisa melihat wajah kota di wilayah Provinsi Banten.

Bagi pencinta wisata alam tidak sulit untuk singgah ke lokasi. Kalau dari jalur Juhut bisa ditempuh  hanya dengan waktu sekitar 25 menit. Selain itu, di lokasi tersebut sudah terdapat bangunan anak tangga terbuat dari bambu. Para pengunjung yang berada di atas bangunan itu bisa melihat wajah kota di Banten.

‎”Iya, dari atas kita bisa melihat kota Lebak, Serang, Pandeglang, Cilegon dan Tangerang. Bahkan kabarnya dari atas lokasi kita juga bisa melihat bandara. Selain bisa menikmati indahnya wajah kota, kita juga bisa merasakan udara sejuk. Lokasi ini juga sangat cocok untuk pamer pose,” kata Indra.

Meski demikian, lanjut Indra lokasi tersebut masih natural. Namun keindahan alamnya sangat eksotis.

“Memang belum ada wahana yang dibangun di lokasi. Tetapi kabarnya lokasi yang berada di kawasan Perhutani sedang dijajaki untuk menjadi wisata alam,” ujarnya. 

Ia menuturkan, bagi pengunjung yang mau singgah ke lokasi menggunakan mobil tidak perlu khawatir, karena infrastruktur menuju lokasi sudah layak dilintasi.

“Saya optimistis wisata ini bisa menjadi wisata andalan di Banten,” ujarnya. (Endang Mulyana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here