Bupati Lebak Buka Workshop Pembelajaran Gasing

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyerahkan cendramata berupa miniatur leuit kepada Prof. Yohanes Surya seusai membuka Workshop Pembelajaran Metode Gampang, Asyik dan Menyenangkan (Gasing) dalam berhitung dengan cepat di Gedung PGRI Rangkasbitung, Kamis (22/11/2018).*

LEBAK, (KB).- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya membuka Workshop Pembelajaran Metode Gampang, Asyik dan Menyenangkan (Gasing) dalam berhitung dengan cepat di Gedung PGRI Rangkasbitung, Kamis (22/11/2018).

Program pembelajaran model Gasing melalui kerja sama dengan Prof. Yohanes Surya Phd dan Team Surya Institute yang diselenggarakan PGRI dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak itu dihadiri ratusan guru se-Kabupaten Lebak.

Dalam sambutannya, Prof. Yohanes Surya  menyatakan, Gasing merupakan sebuah metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan.

“Kunci metode Gasing ini proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya,” kata Prof. Surya.

Prof. Surya juga menjelaskan pentingnya proses langkah demi langkah dalam metode Gasing tercermin sewaktu anak-anak belajar suatu topik, mengingat ada titik kritis yang harus mereka lewati. “Setelah mencapai titik kritis, mereka tidak akan sulit lagi mengerjakan soal dalam topik tersebut,” tutur Prof. Surya

Bupati Lebak sangat mengapresiasi metode yang diberikan dalam pembelajaran metode Gasing ini, yang mengajak anak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan.

“Saya berharap para guru dan anak-anak jauh lebih mudah mengerti dan mengaplikasikan konsep yang diajarkan,” kata Bupati Iti Octavia. Salah satu ciri khas lain dari metode Gasing adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here