Bupati Lebak Buka Acara Bursa Inovasi Desa

LEBAK, (KB).- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Klutser 1 Wilayah Utara Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Lebak, di Gedung Assakinah Rangkasbitung, Kamis (8/8/2019). Kegiatan tersebut diikuti 522 peserta dari 172 desa dari 15 kecamatan se-Kabupaten Lebak.

Dalam sambutannya, Iti Octavia Jayabaya menjelaskan, memasuki era keterbukaan informasi dengan teknologi yang semakin canggih serta perubahan yang sudah sangat sedemikian dinamis dengan persaingan yang semakin ketat antar entitas, atau negara dengan negara.

Pemenang persaingan yang akan survive pada masa ini tidak lagi ditentukan oleh besar kecil, kuat lemah, tapi cepat atau lambat. Dimana, siapa yang tidak cepat berubah dan adaptif terhadap perubahan dunia global dalam industri yang belakangan kita kenal dengan revolusi industri 4.0.

“Maka akan tertinggal dan hanya akan menjadi korban peradaban serta pangsa pasar yang konsumtif dalam perekonomian yang pada akhirnya menjadi bangsa yang tidak (lagi) mandiri,” katanya.

Ia berharap bursa inovasi desa ini menjadi arena ajang bertemunya gagasan ide, tukar menukar karya dan informasi antardesa. Maka, pondasi utamanya adalah saling terbuka. Bursa inovasi desa merupakan sarana untuk menjembatani kebutuhan pemerintahan desa terhadap berbagai alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi. “Selain itu, untuk mengumpulkan inisiasi kebaruan dalam proses pembangunan desa yang lebih efektif dan segar,” ujarnya.

Iti juga mengajak agar semua pihak meningkatkan sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah desa, terlebih setelah Lebak keluar dari status daerah tertinggal. “Mari kita melompat lebih tinggi, bukan lagi berjalan karena dinamika perubahan yang sedemikian cepat membutuhkan pelayanan yang semakin cepat,” tuturnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here