Bupati Lebak Ajak Masyarakat Promosikan Wisata

SEKTOR kepariwisataan di Kabupaten Lebak, kini menjadi salah satu perhatian serius pihak Pemkab setempat untuk terus mengembangkannya agar mampu menjadi salah satu sumber pendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya berharap adanya kepedulian warga Lebak untuk turut membantu mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Lebak agar upaya yang sedang dilakukan pemkab bisa terealisasi secara optimal.

”Tanpa bantuan serta dukungan masyarakat, upaya promosi yang dilakukan Pemkab terhadap sektor kepariwisataan di Lebak tidak akan berjalan optimal. Kami harap masyarakat Lebak, khususnya yang berdomisili sekitar objek wisata bisa ikut mempromosikannya, karena promosi terbaik adalah promosi melalui mulut ke mulut,” kata Bupati Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya diacara Ngabrag Bareng yang merupakan rangkaian acara hari Jadi Lebak ke-189 di lokasi air terjun Curugmunding, Kecamatan Gunungkencana, Sabtu (25/11/2017).

Menurut bupati, sektor kepariwisataan di Lebak sangat berpotensi untuk meningkatkan PAD maupun meningkatkan pendapatan warga yang berdomisili disekitar lokasi wisata. ”Selain bisa menjadi salah satu sumber PAD, masyarakat sekitar lokasi wisata bisa melakukan kegiatan ekonomi seperti berjualan makanan khas atau cedramata, sehingga kedatangan wisatawan juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” ujar bupati.

Bupati menjelaskan, Kabupaten Lebak sangat kaya destinasi wisata, seperti wisata budaya pada masyarakat adat Baduy dan Kaolotan, wisata religi, serta wisata alam dan pantai. Tanpa adanya promosi secara masif, destinasi wisata tersebut tidak akan dikenal masyarakat di luar Lebak.

”Destinasi berbagai wisata di Lebak, sebenarnya tidak kalah menarik dengan destinasi wisata di daerah lain. Makanya agar destinasi wisata di Lebak semakin dikenal serta semakin banyak dikunjungi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Mari kita promosikan keragaman wisata daerah kita secara bersama-sama,” kata bupati.

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menambahkan, saat ini saja beberapa destinasi wisata di Lebak sudah banyak dikunjungi turis dari mancanegara. ”Untuk meningkatkan kemajuan disegala bidang termasuk kepariwisataan, tentu bukan hanya tugas pemerintah daerah saja yang melakukannya. Tetapi diharapkan pula perhatian serta dukungan dari masyarakat,” kata Ade Sumardi. (Lugay/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here