Buntut OTT Calo KTP Elektronik, Dewan Akan Panggil Kadisdukcapil Kota Serang

SERANG, (KB).- Komisi I DPRD Kota Serang akan memanggil Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang Mamat Hambali, untuk mengklarifikasi pasca-operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Satreskrim Polres Serang, beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Serang Kaheroni sangat prihatin atas kejadian penangkapan tersebut. Ia menilai, adanya oknum calo KTP-el yang berkeliaran di OPD, merupakan bentuk kelengahan dari kepala dinas terkait.

“Ada rencana kaitan masalah oknum yang terjadi di Diskdukcapil, saya akan panggil kepala dinas berikut kabidnya,” katanya, Kamis (21/11/2019).

Menurut dia, keberadaan calo tersebut, harus dijelaskan oleh dinas terkait. Apakah calo tersebut hasil rekrutan, orang suruhan, atau hanya oknum yang mencari pendapatan dengan cara menjadi calo KTP-el.

“Sejauh ini kenapa sampai lengah tugas kepala dinas itu, sampai ada oknum di intern Disdukcapil bermain. Apakah dibiarkan apa disuruh apa memang hanya oknum saja,” ucapnya.

Ia menuturkan, Disdukcapil memang OPD yang rentan aksi percaloan dan pungli. Hal tersebut, karena dalam pembuatan KTP masih ada yang menggunakan cara “belakang” dan ada juga yang sampai menunggu lama, karena tidak bisa melalui “jalur belakang”.

“Kalau memang begitu saja, kapan benarnya Disdukcapil, Disdukcapil itu memang rentan,” ujarnya.

Baca Juga : Polres Serang Kota Amankan Dua Orang Diduga Calo KTP Elektronik

Selain Disdukcapil, tutur dia, pada Senin (25/11/2019) mendatang, Komisi I sudah mengagendakan untuk melakukan pemanggilan terhadap Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang.

“Hari Senin (mendatang), saya ada pemanggilan Dinas Perizinan di Komisi I,” tuturnya.

Pemanggilan tersebut, kata dia, selain dalam bentuk pencegahan, agar kejadian serupa di Disdukcapil terulang, juga sebagai bentuk klarifikasi sebelum Komisi I melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke perusahaan ternak ayam yang tidak berizin.

“Kami mau sidak kaitan masalah ternak yang belum berizin, di mana saja itu di Curug, kemudian di Taktakan,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Arif Rahman Hakim siap untuk menghadiri pemanggilan dari Komisi I DPRD Kota Serang. Namun, saat ini belum ada surat resmi yang diterimanya. “Kalau ada surat resmi pemanggilan kami pasti hadir,” ucapnya.

Disdukcapil Kota Serang, tutur dia, sudah melakukan pembenahan di lingkungan dinasnya. Hal tersebut, untuk meminimalisir kembali terjadinya hal serupa.

“Seperti kursi yang di dalam kami singkirkan, agar tidak ada masyarakat umum yang masuk, kami lakukan pembenahan sedikit demi sedikit,” katanya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here