BUMDes Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Warga Desa Darmasari mengumpulkan sampah plastik yang akan dijual ke BUMDes Pengolahan Sampah di desa setempat.*

LEBAK, (KB).- Keberadaan Badan Usaha Miilik Desa (BUMDes) dinilai dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan. BUMDes sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat desa itu sendiri. Seperti BUMDes perdagangan, pengolahan sampah, pembuatan pavingblok dan banyak lagi yang lainnya.

Hal tersebut dikatakan Kasi UEM pada Dinas PMD kabupaten Lebak, Hasanudin kepada Kabar Banten, Selasa (5/11/2019).

Ia mengatakan, di Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, memiliki BUMDes yang bergerak dibidang pengolahan sampah. “Dalam pengolahan sampah ini, masyarakat bisa menjual sampah rumahan ke bank sampah milik BUMDes. Sampah tersebut dikelola masyarakat itu sendiri dan kemudian dibuat kerajinan tangan dan dijual kepasaran,” ujar Hasanudin.

Jadi, kata dia, BUMDes sangat berpengaruh pada peningkatan perekonomian di setiap desa. “Saya harap desa bisa menjadi penyemangat bagi warganya dalam berbuat sesuatu yang bisa meningkatkan taraf perekonomian,” ujar Hasanudin.

Sementara, Wahyu warga Desa Darmasari, mengaku sangat terbantu perekonomiannya setelah ada BUMDes. “Saya awalnya bekerja serabutan, tapi setelah adanya bank sampah, saya fokus menjual sampah rumahan ke bank sampah. Dan hasilnya bisa menambah penghasilan untuk keluarga,” ujarnya. (Lugay/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here