Minggu, 24 Juni 2018

Bumdes Kadumadang Berkah Olah Ikan Nila, Menjadi Makanan Krispi

PANDEGLANG,(KB).-
Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kadumadang Berkah Desa Kadumadang, Kecamatan Cimanuk terus mengoptimalkan perannya sebagai Bumdes, salah satunya dengan membuat pengolahan ikan nila menjadi makanan nila krispi, dan dendeng ikan nila. Bumdes tersebut dikelola dengan Direktur Titi Haryati, sekretaris Cici Rasidin dan bendahara Juju julpah.

“Bumdes ini kita mengangkat potensi produk lokal, sebab disini (Desa Kadumadang,red) banyak ikan nila. Sehingga kita melakukan pengolahan ikan nila agar menjadi nilai jual yang tinggi,” kata Direktur Bumdes Kadumadang Berkah, Rabu (8/11/2017).

Dengan adanya pengolahan ikan tersebut katanya, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar. Sebab, dengan adanya bumdes tersebut, bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

“Kita berharap dengan keberadaan bumdes bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga perekonimian juga bisa meningkat terutama warga desa kadumadang. Sebab, pengolahan bumdes juga melibatkan masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu ia berharap, pemerintah kabupaten juga bisa ikut serta dalam mengembangkan produk olahan ikan nila tersebut. Sehingga, produk tersebut bukan hanya bisa dikenal oleh warga desa tetapi diharapkan bisa berkembang keluar daerah.

“Kita juga berharap produk lokal ini bisa berkembang, agar makanaan dari olahan ikan nila ini bisa jadi ciri khas makanan di pandeglang dari kadunadang ini,” ucapnya.

Selain dalam pengolahan ikan, Bumdes tersebut juga dilakukan sim0an pinjam, dan juga penjualan sarana produk pertanian.

“Kedepan kita juga akan menjual gas elfpiji. Sehingga kebutuhan masyarakat juga bisa secara bertahap bisa kita akomodir,” katanya.

Sementara itu Pjs Desa Kadumadang, Kecamatan Cimanuk Rahmat menyambut baik dengan adanya kratifitas warganya. Sebab, dengan melakukan pengolahan produk lokal tersebut, akan meningkatkan perekonomian warga.

“Kami jelas mendukung Bumdes tersebut, untuk itu selain olahan ikan nila tersebut. Kita juga tetap masih mencari potensi yang bisa kembangkan,” tuturnya.(H-50)*


Sekilas Info

Tanpa Pawai Ta’aruf, MTQ Banten Digelar April

SERANG, (KB).- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Banten ke-15 akan digelar tanggal 16-20 April 2018. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *