Bulog dan Polres Gelar Operasi Pasar

PANDEGLANG, (KB).- Dalam mengantisipasi terjadinya kenaikan harga sembilan bahan pokok atau Sembako jelang liburan panjang natal dan tahun baru. Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Lebak-Pandeglang bekerja sama dengan Polres Pandeglang menggelar Operasi Pasar (OP) di Pancaniti Alun-alun Pandeglang, Sabtu (16/12/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu beban warga, terutama memberikan daya beli beras dengan harga terjangkau. Dalam OP tersebut masyarakat bisa mendapatkan beras premium dengan harga relatif murah dan kualitasnya baik. Untuk beras premium seharga Rp 58.000/5 Kg. Dan beras kategori beras medium seharga Rp 47.000/5 Kg . Untuk gula pasir seharga Rp12.500/Kg, minyak goreng seharga Rp12.000/Kg. Daging kerbau beku seharga Rp 80.000/Kg.

Kepala Perum Bulog Sub Divre ebak-Pandeglang, Renato Horison mengatakan, operasi pasar ini dilakukan sebagai bentuk gerakan stabilisasi untuk menekan kenaikan harga pasar menjelang perayaan natal dan tahun Baru. “Dalam gerakan stabilisasi pangan bertujuan untuk menekan kenaikan harga. Tapi operasi pasar ini hanya digelar sehari. Dan ke depan kita nanti koordinasi dengan Disperindag dan intansi lainnya di Pandeglang. Kalau soal penentuan lokasi OP, hasil kesepakatan antara Polres dan Bulog, dan Bulog yang melaksanakan,” ujar Renato.

Sementara itu, Kabid Pasar Disperindag dan ESDM Pandeglang, Yuhana menjelaskan, saat ini harga sembako di pasar tradisional masih terbilang normal. Meski diakuinya sempat terjadi kenaikan harga beberapa waktu lalu, namun sekarang sudah kembali normal. “Ya, saat ini mungkin ada kenaikan harga tetapi relatif kecil dan kenaikannya tidak masif. Kenaikan harga masih bersifat turun-naik. Kemarin harga cabai juga sempat melambung, tapi sekarang sudah normal lagi. Kenaikannya masih wajar, karena dibawah 10 persen,” tuturya. (IF)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here