Bulan Ini Banten Masuk Musim Pancaroba 

SERANG, (KB).- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Serang memperkirakan Bulan September ini  Banten sudah memasuki pancaroba atau peralihan musim dari kemarau ke musim hujan. Hal ini menandakan bahwa musim kemarau di Banten akan berakhir dalam waktu dekat.

Prakirawan BMKG Klas 1 Serang, Trian Asmarahadi mengatakan, berkaca dari sebelumnya,  musim hujan di Banten umumnya datang setiap Bulan September. “Musim kemarau diprediksi akan berlangsung hingga September. Musim hujan normalnya di Provinsi Banten dominan jatuh di September akhir, di tahun ini diperkirakan (perubahan musim kemarau ke penghujan) mendekati normal,” ujarnya.

Musim penghujan di Banten terjadi secara bertahap, pertama kali hujan dengan intersitas tinggi terjadi di wilayah Banten Selatan. Selanjutnya baru meluas ke wilayah Banten Tengah dan Utara. “Intensitas hujannya untuk 3 wilayah itu pun bertahap, karena di musim hujan ada yang namanya periode puncak musim hujan dan terkadang jatuh di Januari atau Februari,” katanya.

Ia mengatakan, bila terjadi, musim penghujan bulan September menjadi pertanda bahwa musim penghujan datang lebih awal dibanding tahun sebelumnya. Karena tahun sebelumnya musim kemawarau terbilang lebih panjang. Adapun waktu kemarau yang lebih panjang pada tahun sebelumnya itu terjadi karena ada fenomena El Nino. “Untuk update kondisi cuaca dipancaroba akan kami informasikan termasuk peringatan dini tentang kondisi ombak dan angin,” ujarnya. (Sutisna)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here