Jumat, 14 Desember 2018

Bulan Dana PMI Kota Cilegon Kumpulkan Rp 315 Juta

CILEGON, (KB).- Panitia Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon 2017, berhasil mengumpulkan dana Rp 315 juta. “Bulan Dana PMI merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan selama 3 bulan sesuai surat keputusan (SK) yang ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon,” kata Ketua Harian Panitia Bulan Dana PMI Kota Cilegon 2017 Kota Cilegon, Erwin Harahap, Kamis (5/4/2018).

Sementara itu, Ketua PMI Kota Cilegon, Abdul Hakim Lubis menuturkan, kegiatan penggalangan dana tersebut, bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat baik perseorangan, kelompok, organisasi, dan lainnya. Hasilnya nanti disalurkan kembali oleh PMI kepada masyarakat dalam bentuk program atau kegiatan.

Menurut dia, dana tersebut digunakan sejumlah kegiatan PMI, meliputi diseminasi kepalangmerahan, pengembangan organisasi, pembinaan generasi muda atau sukarelawan, terdiri atas tenaga suka rela (TSR), korps suka rela (KSR), donor darah sukarela (DDS), dan palang merah remaja (PMR). Kemudian, kegiatan kebencanaan pengurangan risiko bencana, tanggap darurat bencana, dan pemulihan pascabencana, serta pelayanan kesehatan dan sosial (Yankessos).

“Hasil pelaksanaan Bulan Dana PMI ini diserahkan oleh panpel (panitia pelaksana) kepada Pengurus PMI Kota Cilegon setelah kegiatan bulan dana berakhir. Kemudian, hasil bersih Bulan Dana PMI Kota Cilegon dipergunakan untuk pelaksanaan kegiatan kepalangmerahan-kemanusiaan baik tingkat pusat, provinsi, dan kab/kota,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Sari Suryati menuturkan, Bulan Dana PMI merupakan upaya peningkatan kesetiakawanan sosial masyarakat serta menggalang dana dalam rangka meringankan penderitaan sesama manusia. Menurut dia, setiap manusia pada prinsipnya ingin meringankan beban sesama melalui setetes darah dan setiap rupiah yang dimilikinya, sehingga dengan gotong royong, sumbangan yang sedikit demi sedikit tersebut, akan terkumpul menjadi banyak.

“Pekerjaan pengumpulan Bulan Dana PMI ini merupakan tindakan yang sangat mulia, karena muaranya adalah menolong sesama. Kalau pekerjaan ini dilakukan dengan baik, maka apa yang didapatkan akan berlimpah di dunia ini. Kami mengajak masyarakat untuk berlomba sedekah melalui PMI, agar memperoleh banyak kebaikan,” tuturnya. (HS)*


Sekilas Info

Jadi Pelataran Parkir Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Lahan TTM Disewa Rp 3 Miliar

CILEGON, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyewakan lahan seluas 2,5 hektare di belakang Terminal Terpadu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *