Bukit Waruwangi, Wisata Agro Murah Rasa Eropa

BINGUNG menghabiskan akhir pekan? Mau ke Eropa tapi dengan biaya murah? Serang punya tempat wisata murah tapi rasa Eropa. Bukit Waruwangi adalah wisata agro dan peternakan yang sedang hits di Serang. Berlokasi di Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Untuk menggambarkan secara rinci keberadaan dan pesona keindahan wisata agro dan peternakan Bukit Waruwangi, Ketua Forum Lingkar Pena cabang Serang Yuni Astuti membagikan tulisan bagi pembaca setia Harian Umum Kabar Banten, yang kemudian kami sajikan secara utuh.

Rute menuju Bukit Waruwangi adalah jika dari arah Serang, kita menuju Padarincang. Dari Pasar Padarincang, kita masih lurus terus sampai tiba di Persimpangan Desa Cibojong. Lokasinya berada di bukit, jadi kita harus siap melalui jalan yang menanjak. Kondisi kendaraan harus diperhatikan betul, jangan sampai mengalami masalah saat di jalan.

Mulanya adalah jalan sempit yang kanan kirinya diapit pepohonan. Ternyata setelah sampai puncak, ada beberapa kampung dan sebuah sekolah. Bukit Waruwangi sendiri berada dekat dengan permukiman warga.

Kira-kira setelah satu jam perjalanan dari pusat Kota Serang, kita akan sampai di sebuah tempat wisata yang unik dan menarik ini. Hanya dengan tiket masuk Rp 2.000 per orang, dengan tarif parkir motor Rp 3.000 dan untuk mobil Rp 5.000, kita bisa menikmati keindahan nuansa peternakan rasa New Zealand, Eropa.

Hamparan padang rumput yang luas, dikelilingi pepohonan di setiap sisi dan latar belakang pegunungan membuat pikiran jadi segar kembali. Kepenatan pekerjaan selama sepekan terasa langsung lenyap setelah duduk di atas rumput, dibelai angin semilir.

Sangat cocok untuk berswafoto, sendiri atau bersama keluarga dan sahabat. Tidak usah khawatir jika ingin menginap dan menikmati suasana malam di bukit ini. Kita bisa berkemah dengan peralatan tenda yang kita persiapkan sendiri. Ada fasilitas toilet dan anjungan untuk menikmati keindahan bukit dari atas.

Jika anda penggemar kopi, bisa naik lebih ke atas dan menikmati kopi di ”Pondok Kopi Rangkong”. Merasakan sensasi minum kopi di atas bukit dengan semilir angin sejuk sambil berfoto tentu menyenangkan.

Peternakan sapi dan rusa ada di bagian lain dari bukit. Kita harus melalui jalanan berbatu lebih ke atas lagi. Ratusan sapi dan rusa dikembangbiakkan bahkan sebagiannya bebas berkeliaran. Ada pula rusa yang bisa kita beri makan di area utama bukit. Mereka berkeliaran bebas, jinak dan beraneka ragam.

Nah, tunggu apa lagi? Tidak perlu liburan jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan alam. Kita bisa eksplorasi alam Serang dengan biaya yang sangat terjangkau. Yuk, ajak keluarga, teman dan sahabat ke Bukit Waruwangi dan rasakan sendiri wisata lokal rasa Eropa. (Tono Soemarsono)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here