‘Bukber’ Khas Alumni Daar El Istiqomah di Negeri Para Nabi

KAIRO, (KB).- Ikatan Alumni Ponpes Modern Daar El Istiqomah (IKADA) cabang Mesir mengelar kegiatan buka bersama (bukber) dan silaturrahim antar anggota IKADA dan beberapa organisasi lain yang ada di Cairo, Mesir, Selasa (14/5/2019) atau 9 Ramadan 1440 H.

Hadir dalam acara  tersebut diantaranya wakil presiden PMII, Nasrudin Hasan Babas, Gubernur dan Wakil Gubernur Mahasiswa Banten di Mesir, Hamzah Nurseha dan M. Sholeh Fauzan serta sesepuh mahasiswa IKADA cabang Mesir yang sekaligus menjadi tuan rumah dan donatur acara  tersebut yaitu Andika Permana, Lc.

Keberkahan ramadan memang tak ada habisnya. Tidak di Indonesia tidak pula di luar negeri, demikian pula “Sensasi Keberkahan Ramadan” yang dialami oleh santri alumni Ponpes Modern Daar El Istiqomah Kesawon, Kota Serang, asuhan kiai Sulaeman Ma’ruf dan beberapa santri dari seluruh wilayah nusantara yang sedang jihadul ilmi (Jihad menuntut ilmu, belajar memerangi kebodohan) di Mesir, Negeri para Nabi.

Sebagai obat rindu para santri yang berada di tanah rantau dalam rangka memenuhi jihadul ilmi yang diperintahkan Allah SWT, pada kesempatan acara buka puasa tersebut tuan rumah menyediakan menu khas Indonesia, seperti cumi asam manis, gulai ayam, kepiting balado, tempe oreg, capcay, aneka minuman segar khas mesir dan lain-lain.

Ramadan di Mesir tahun ini bertepatan dengan musim semi sehingga shoimin pada tahun ini menjalankan puasa mulai dari Subuh pukul 03.25 sampai dengan Magrib yang jatuh pada pukul 18.25 waktu Cairo atau selama 15 jam.

Semarak ramadan di Mesir mempunyai khas tersendiri, mulai dari pernak pernik hiasan lampu yang berwarna-warni di sepanjang jalan, baleho ucapan selamat menjalankan ibadah puasa, hidangan buka puasa dan saur gratis di masjid-masjid dan tenda-tenda di pinggir jalan hingga bantuan-bantuan dari dermawan yang disediakan untuk orang yang membutuhkan (termasuk di dalamnya disediakan bantuan uang dan bahan pokok untuk para mahasiswa). (SY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here