Sabtu, 15 Desember 2018

Buka Layanan KTP-El Hingga Larut Malam, Kadisdukcapil Kabupaten Serang Ngaku Sering Diteror

SERANG, (KB).- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang, Asep Saefudin Mustopa sering mendapatkan teror pesan singkat di telepon selulernya. Hal tersebut terjadi, karena dia sering membuka layanan perekaman dan pencetakan KTP-el hingga larut malam.

“Saya terus terang saja, sejak buka sampai malam ada yang suka neror. Ia kirim SMS ke saya,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (7/12/2018). Ia mengatakan, pesan singkat tersebut, berisi pernyataan keberatan jika Disdukcapil membuka layanan hingga larut malam. Mereka curiga jika buka sampai malam ada banyak calo dan lain sebagainya.

“Saya sampaikan, ayo dialog saja jangan SMS doang. Kenapa bisa buka? Ia bilang tutup saja SIAK-nya (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan). Kata saya gampang tutup mah,” ujarnya.

Ia menuturkan, pelayanan dibuka hingga malam hari, karena kebanyakan kecamatan melakukan input data dan cetak KK pada malam hari. Sebab, jika siang hari mereka tidak kebagian antrean oleh warga yang sering membeludak. “Kalau malam ditutup enggak bisa apa-apa mereka (kecamatan),” ucapnya.

Suatu ketika sang peneror memintanya bertemu di kantor Disdukcapil, namun ditunggu hingga pukul 20.00 WIB, pengirim pesan tidak juga datang. Bahkan, ada pesan singkat yang kembali masuk. “Ia bilang Disdukcapil masih kaya pasar. Saya juga jadi kesal kan itu mengganggu kerja. Yang penting teman-teman enggak pungli saja, mau sampai jam berapa juga silakan,” tuturnya.

Sementara, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang, M Novi menyarankan, agar pengirim pesan ditindak tegas sesuai aturan berlaku. Sebab, hal tersebut dapat mengganggu kinerja. Menurut dia, pelayanan hingga larut malam itu tidak menjadi masalah selama pelayanan dilakukan seobjektif mungkin dan tidak merugikan masyarakat.

“Terpenting apa yang disampaikan (kecurigaan) si peneror itu tidak ada. Karena mungkin malam hari itu untuk mengejar pelayanan,” katanya.

Ia mengatakan, dalam hal tersebut, pihaknya mendorong, agar UPT Dukcapil bisa segera difungsikan, pejabatnya juga segera dilantik pada 2018 ini. “Untuk meminimalisasi masyarakat yang jangkauannya jauh ke Disdukcapil, jadi bisa lebih dekat dan terintegrasi,” ujarnya. (DN)*


Sekilas Info

Dua Tahun, Ichsan Soelistio Bagikan 193 Unit Alsintan

SERANG, (KB).- Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Ichsan Soelistio kembali membagikan bantuan sebanyak 25 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *