Budi Daya Cabai Tingkatkan Ekonomi Warga

LEBAK, (KB).- Budi daya cabai dinilai dapat menambah dan meningkatkan penghasilan masyarakat khususunya di lahan kering kawasan holtikultura. Seperti yang dilakukan kelompok tani Ciminyak Jaya di Kampung Ciminyak, Desa Kramat Jaya, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak.

“Program budi daya cabai ini sangat baik sekali, sebab dapat menambah penghasilan masyarakat setempat terutama di wilayah Gunungkencana. Bayangkan saja, sekali tanam bisa beberapa kali panen dan setiap panen bisa capai 14 ton per hektare nya,” ujar Danramil Gunungkencana, Kapten Inf Masyhari kepada Kabar Banten, Senin (2/12/2019).

Menurut Danramil, seiring dengan berhasilnya para petani cabai, pihaknya akan selalu memberikan dukungan penuh budi daya cabai.

Sementara, Camat Gunungkencana, Rahmat mengaku bangga akan keberhasilan budi daya cabai tersebut. Ternyata, menurut dia, bukan hanya di Desa Kramat Jaya saja, tetapi di Desa Cimanyangray dan desa Bulakan juga ada karena itu daerah korporasi.

“Kedepan saya berharap antara muspika, pihak pertanian baik kabupaten juga provinsi, kepala desa serta gapoktan bisa kerjasama semakin baik, karena ini membutuhkan kerja bersama untuk sejahterakan masyarakat di wilayah,” ujarnya.

Rahmat mengajak semua lapisan masyarakat agar selalu aktif, tidak hanya Gapoktan. Minimal membudidaya cabai di rumah masing-masing dengan menggunakan polybag. “Jika membutuhkan cabai tinggal memetik saja,” ujarnya. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here