BPK Periksa Belanja Modal Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG, (KB).- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten mulai memeriksa pengelolaan keuangan pemkab Pandeglang, khususnya pada sektor anggaran belanja modal pemkab Pandeglang tahun 2018. Pemeriksaan belanja modal pemkab Pandeglang tersebut fokus pada pos anggaran pembangunan infrastruktur.

Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Banten, Katrinia mengatakan, pemeriksaan akan berjalan selama 32 hari ke depan. Materi pemeriksaan akan fokus pada pos anggaran belanja daerah Pemkab Pandeglang. “Kita periksa yaitu belanja modal di bidang infrastruktur,” kata Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Banten, Katrinia, saat rapat acara Entry Meeting BPK RI Perwakilan Banten bersama Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita di ruang Garuda, Pendopo Pandeglang, Senin (12/11/2018).

Menurut dia, pemeriksaan tersebut merupakan pekerjaan rutin, karena setiap tahun ada pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah. “Biasanya anggaran yang paling besar yakni pada laporan keuangan, diantaranya belanja modal, jadi khusus untuk belanja modal ini kita utamakan,” ucapnya.

Ia berharap pada saat pemeriksaan data terhadap akun belanja modal, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa transparan untuk kerjasama dan kooperatif. “Nanti yang kami butuhkan soal data dan dokumen kelengkapan pemeriksaan belanja modal bisa diberikan para OPD,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Pamdeglang, Hj. Irna Narulita menyambut baik dan mendukung langkah BPK Banten memeriksa belanja modal pemerintah daerah. “Langkah ini bagian dari upaya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan transparan, baik tata pengelolaan keuangan , administrasi dan lainnya dalam rangka pembangunan lebih baik dan maju,” kata Irna.

Ia meminta kepada para Kepala OPD agar kooperatif dan melakukan pendampingan terhadap apa yang disampaikan BPK harus menjadi tanggung jawab bersama agar bisa ditindaklanjuti. “Kami sangat mengapresiasi dan siap melaksanakan amanat BPK RI soal pemeriksaan belanja modal. Mudah-mudahan ke depan program pembangunan berjalan dengan baik dan bisa di pertanggung jawabkan,” ujarnya. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here