BPK Intip Laporan Keuangan Pemkot Cilegon

CILEGON, (KB).- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten memeriksa laporan keuangan Pemkot Cilegon 2018. Pemeriksaan dilakukan guna menilai tingkat pengendalian dan kepatuhan administrasi keuangan yang dilakukan Pemkot Cilegon tahun lalu.

Wakil Penanggung Jawab Wilayah Cilegon BPK RI Perwakilan Banten Mas Agung M Nur mengatakan, pemeriksaan keuangan dilakukan selama 40 hari. Sebanyak 4 orang tim BPK RI Perwakilan Banten dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan tahap 1 ini.

”Sekarang ini pemeriksaan internal dulu, kegiatan ini rutin setiap tahun untuk memeriksa pengendalian intern entitas, seperti persediaan, aset dan lain-lain,” tuturnya.

Menurut Agung, seusai pemeriksaan selama 40 hari, pihaknya akan memberikan waktu kepada Pemkot Cilegon untuk memberikan laporan anaudit keuangan Pemkot Cilegon 2018. Setelah itu, barulah pihaknya membuat penilaian terhadap tingkat kepatuhan administrasi Pemerintahan Pemkot Cilegon.

”Laporan anaudit itu adalah laporan keuangan Pemkot Cilegon sebelum diperiksa BPK. Setelah itu, kami diberi waktu 60 hari untuk menilai tingkat risiko kepatuhan administrasinya. Setelah tahu tingkat risikonya, baru kami bisa menetapkan setelah diperiksa di tahap terperinci,” ujarnya.

Dia menuturkan, Pemkot Cilegon telah dikenal sebagai pemerintahan yang memiliki tingkat kepatuhan tinggi. Terbukti selama lima tahun terakhir mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian. ”Pemkot kan dapat WTP lima tahun berturut-turut. Selain itu, dari sisi koordinasi Pemkot Cilegon terbilang transparan. Mereka sudah terbiasa berkoordinasi dengan pemeriksa,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Sari Suryati mengatakan, telah melakukan serah terima tim pemeriksa dari BPK RI Perwakilan Banten ke Pemkot Cilegon. Setelah serah terima ini, pihaknya akan memberikan data-data keuangan yang diminta oleh BPK RI Perwakilan Banten.

”Hal itu terkait pemeriksaan laporan keuangan Pemkot 2018,” ujarnya. Tadi penyerahan tim dari BPK ke Pemkot. Nanti, kata dia, data yang diminta sesuai dengan agenda akan kami serahkan kepada tim BPK. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here