BPCB Banten Jelajah Cagar Budaya di Pandeglang

PANDEGLANG, (KB).- Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten melakukan jelajah cagar budaya ke beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Pandeglang, Rabu (24/7/2019). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mengenalkan peninggalan sejarah kepada masyarakat.

Sekitar 100 orang peserta yang terdiri atas siswa, guru, media massa dan follower media sosial (medsos) BPCB turut serta dalam acara tersebut. Jelajah cagar budaya di Provinsi Banten kali ini mengangkat tema “Menelusuri Pesona Cagar Budaya”.

Ketua Panitia Jelajah Cagar Budaya, Endang Hasan mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi cagar budaya. Sosialisasi bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas termasuk jelajah cagar budaya.

“Penyuluhan undang-undang tentang segala peraturan berkaitan cagar budaya baik anjuran dan larangan, di mana dalam pelestarian, kami punya tiga tugas yakni perlindungan, pengembangan dan perawatan,” ujar Endang.

Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin menyosialisasikan kepada masyarakat agar mereka bisa memahami apa itu cagar budaya dan siapa instansi yang mengurusnya. “Kami ada empat provinsi yang masuk wilayah kerja, ada DKI, Jabar, Lampung dan Banten,” ucapnya.

Ia mengatakan, jelajah sendiri berarti mendatangi cagar budaya dalam rangka memperkenalkan peninggalan sejarah. Ada dua tempat yang akan dikunjungi, yakni situs Masjid Caringin di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 31, Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang dan Situs Citaman di Kp. Cigadung, Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari. “Kita akan mengenalkan kepada siswa situs Masjid Caringin dan Citaman,” katanya.

Sementara itu, salah satu perserta Jelajah Cagar Budaya amir mengatakan, sungguh luar biasa dengan adanya kegiatan ini saya pribadi mendapakan banyak pelajaran. “Ya yang tadinya kalau dilihat hanya seperti tumpukan batu biasa, ternyata batu tersebut memiliki nilai sejarah tersendiri” ujar Amir. (Ridwan/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here