BPBD: Waspadai Banjir dan Longsor

LEBAK, (KB).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta masyarakat untuk mewaspadai banjir dan longsor menyusul intensitas curah hujan cenderung masih tinggi.

“Kami berharap warga yang tinggal di daerah rawan bencana agar waspada bencana banjir dan longsor,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi kepada Kabar Banten, Rabu (23/1/2019).

Selama ini, lanjut Kaprawi, wilayah Kabupaten Lebak masuk kategori daerah langganan banjir dan longsor. Sebab, terdapat aliran sungai dan perbukitan serta pegunungan.

Umumnya, potensi bencana alam tersebut akibat curah hujan tinggi dan berdampak menimbulkan pergerakan tanah. Jika terjadi pergerakan tanah sudah pasti bisa mengancam longsor, terutama berisiko bagi warga yang tinggal di perbukitan dan pegunungan.

Ia mengatakan, saat ini jumlah warga yang tinggal di pegunungan dan perbukitan mencapai ribuan kepala keluarga. Bahkan, pergerakan tanah dan longsor di Desa Gunungwangun Kecamatan Cibeber mengancam masyarakat setempat. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here